banner
perpustakaan

DPAD Tangsel Lakukan Tata Kelola Perpustakaan Agar Menarik Dikunjungi

Serpongupdate.com - Dinas Perpustakaan dan Aset Daerah (DPAD) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) akan mengemas perpustakaan yang ada di sekolah dasar negeri (SDN) agar menarik untuk dikunjungi siswa-siswi yang ada di SDN tersebut.

Kepala DPAD Tangsel, Dadang Raharja, mengungkapkan, perpustakaan merupakan salah satu fasilitas yang harus ada di semua sekolah, tidak terkecuali pada jenjang pendidikan sekolah dasar.

Perpustakaan menjadi sebuah tempat yang menyediakan beragam referensi yang bisa dimanfaatkan oleh siswa. Seiring dengan budaya literasi yang digalakan oleh pemerintah, maka sudah seharusnya sekolah mengembalikan gairah membaca siswa melalui pembaharuan perpustakaan.

Sekarang ini dibeberapa sekolah yang sudah memiliki perpustakaan masih mengalami kendala di dalam meningkatkan kunjungan siswa ke perpustakaan untuk membaca. “Untuk itu kami dari perpustakaan akan melakukan pembinaan, karena menurut saya ada beberapa faktor yang membuat mereka jarang ke perpustakaan karena kondisi suasana perpustakaan yang kurang nyaman, letak buku yang dibiarkan menumpuk,” ungkapnya.

Dinas Perpustakaan akan melakukan pembinaan kepada 42 perpustakaan SDN yang tersebar di Tangsel agar lebih menarik lagi.

dpad tangsel

Kepala Bidang Perpustakaan pada DPAD Kota Tangsel Nur Hayati, mengungkapkan, DPAD melalui bidang perpustakaan akan melakukan pembinaan kepada 42 perpustakaan yang ada di SDN. “Selama ini kami miris melihat kondisi perpustakaan yang ada di sekolah dasar, untuk itu kami konsentrasi melakukan pembinaan kepada petugas perpustakaan yang ada di 42 sekolah untuk dikemas lebih menarik lagi,” katanya.

Dinas Perpustakaan ingin, perpustakaan yang ada disekolah dasar ini, bisa dibuat lebih menarik, dengan cara mengklasifikasi jenis buku bacaan yang selama ini posisi letak buku yang ada di perpustakaan menumpuk, sehingga membuat anak malas untuk datang dan membacanya.

Mengemas suasana perpustakaan agar lebih menarik minat baca anak. “Selama ini perpustakaan yang ada disekolah gak menarik untuk sarana dan prasarananya, sehingga kita ingin sajikan yang berbeda letak buku dan suasana perpustakaan yang ada di 42 sekolah tersebut,” jelasnya.

Nur Hayati berharap, ketika dikemas menarik, dia ingin perpustakaan yang ada disekolah bisa menjadi perpustakaan yang berstandar nasional. “Kita akan bina perpustakaan diantaranya perpustakaan SDN Pondok Kacang Barat 1, Pondok Kacang Barat 2 dan lainnya,” singkatnya. (zie)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *