PMI-Tangsel-Logo

1.500 Kantung Darah Tersimpan di Kantor UDD PMI Tangsel

Serpongupdate.com –  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Tangerang Selatan, memastikan ketersediaan pasokan darah hingga beberapa hari pasca lebaran. Saat ini, tersedia 1.500 kantung darah segar untuk didistribusikan kepada RS dan pasien yang membutuhkan.

Kepala Unit Donor Darah Kota Tangsel, Suhara Manullang menerangkan, persediaan darah selama bulan ramadan hingga sepekan paska lebaran 2019. Untuk semua jenis darah terpenuhi.“Sampai hari ini, kami masih punya 1.500 stok darah untuk semua golongan darah. Melihat jumlah itu, kami pastikan stok masih memadai hingga 7 hari setelah lebaran,” kata Suhara Manullang, Senin 27 Mei 2019.

Diterangkan dia, jumlah itu masih tersimpan di markas UDD PMI Tangsel. Nantinya, jika rumah sakit dan pribadi warga Tangsel membutuhkan baru akan didistribusikan.“Stoknya di kantor PMI Tangsel, biasanya RS atau masyarakat baru menghubungi jika ada permintaan,” tandas dia.

Diakuinya, seperti kebiasaan sebelum-sebelumnya selama bulan puasa, pemberian donor darah oleh masyarakat berkurang. Namun begitu, masih ada beberapa masyarakat yang mendonorkan darahnya.

“Biasa kalau puasa begitu, karena puasa orang lemas. Tapi kalau yang sudah biasa atau rutin, mereka tetap datang meski puasa untuk mendonorkan darahnya. Sebenarnya, bagi umat muslim yang berpuasa tetap bisa mendonorkan darahnya. Saya sarankan menjelang waktu berbuka puasa,” kata dia. (han)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *