28 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 4 Februari 2023
Serpong Update
Gallery

2. 000 Penari Tampil di Gelaran Tunjukkan Indonesiamu ‘Bhinneka Tunggal Ika’

Serpongupdate.com  – Tunjukkan Indonesiamu merupakan kampanye budaya yang diselenggarakan oleh Yayasan Belantara Budaya Indonesia di setiap tahunnya. Tahun ini Yayasan Belantara Budaya indonesia bekerja sama dengan PT Pertamina (Persero) melalui anak perusahaannya yaitu, PT Pemmina Internasional EP dengan tema yang diangkat adalah Bhinneka Tunggal Ika.

Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan PT Pertamina Internasional EP bersama sama menunjukkan kepeduliannya terhadap pelestarian budaya terutama melestarikan tari tradisional sejak tahun 2018 dengan mewujudkan sekolah tari tradisional gratis di Cirebon. Dan hingga saat ini dapat terus bersama sama bergandengan melakukan kampanye pelestarian Budaya Indonesia yang melibatkan masyarakat Indonesia secara lebih luas.

Diah Kusumawardani Wijayanti dari Yayasan Belantara Budaya Indonesia dan Ketua Perempuan Pelestari Budaya Indonesia menjelaskan, Tunjukkan Indonesiamu  merupakan inisiatif Yayasan Belantara Budaya Indonesia. Diselenggarakan dalam rangka untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan juga sebagai wujud pelestarian budaya serta tradisi Indonesia khususnya dalam seni lari dan musik tradisional. Yayasan Belantara Budaya Indonesia sendiri memiliki 2158 siswa tari yang terbagi dalam 12 sekolah tari. Satu diantaranya merupakan sekolah tari tradisional gratis yang bekerjasama dengan PT Pertamina Internasional EP.

Rangkaian acara Tunjukkan Indonesiamu terdiri dari talkshow terkait wastra Indonesia dan peragaan busana dari desainer lokal Indonesia, seperti Dhara Clothing, Kampung Mode, beserta demo make-up dari Beauty Queen by Mustika Ratu yang diselenggarakan pada 2 Agustus 2019. Selain itu, acara ini juga menampilkan UKM produk Indonesia, seperti Kreasi Masyarakat baduy, Kriti-Nays Ethnic-Nadi, Laku Clothing, Minyak Balur Kutus-kutu serta dimeriahkan oleh beragam penampilan musik dan tari tradisional Indonesia hingga perlombaan pemainan tradisional khas kemerdekaan sejak tanggal 2- 4 Agustus 2019 di Atrium F3, fX Sudirman Jakarta.

“Acara puncaknya diselenggarakan pada 4 Agustus 2019 dengan menampilkan jlashmab 2000 penari tradisional, pementasan cari dan kitab penari tradisional. Acara ini akan dibuka secara simbolik dengan membuka payung Geulis Tasikmalaya bertuliskan INDONESIA hasil kerja sama dengan Festival Payung lndonesia dan juga menampilkan 100 penari Kabasaran Minahasa,” jelas Diah, Minggu (5/8/2019).

Menurut Diah, Peran berbagai pihak untuk turut mensukseskan acara ini sangat besar, khususnya PT Pertamina sebagai perusahaan energi terbesar di Indonesia. PT Pertamina tidak hanya fokus menjalankan bisnis dan aktifitas perusahaan semata, namun PT Pertamina melalui anak perusahaannya PT Pertamina Internasional EP yang beroperasi di Luar Negeri memiliki misi untuk melestarikan kebudayaan nasional khususnya tarian tarian tradisional dan keraton -keraton di Indonesia serta memperkenalkan kekayaan nusantara hingga ke mancanegara Oleh karena itu program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Pertamina internasional EP berfokus pada aspek budaya yakni Pertamina Budaya yang dilandasi pada kesadaran penuh bahwa budaya sebagai identitas bangsa Indonesia.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan masyarakat Indonesia dapat terus menjadi masyarakat yang mencintai kebudayaannya sendiri dan bersemangat pada persatuan dalam keberagaman,” tuturnya.

Presiden Direktur PT Pertamina Internasional EP, Deni S. Tampubolon mengungkapkan pihaknya menyambut antusias event seperti ini, pasalnya acara Tunjukkan Indonesiamu mengangkat kebudayaan Indonesia khususnya tarian-tarian dari berbagai daerah tidak selalu hadir, selain itu ada hal-hal yang sifatnya membawa kita bahagia dan tehibur.

“Melalui diskusi dengan Yayasan Belantara Budaya Indonesia ternyata gampang-gampang susah mempertahankan supaya generasi-generasi muda bisa berlangsung terus, misalnya penari-penari muda asal Cirebon dan anak-anak lainnya dengan bermain angklung bagus diusia dibawah 10 tahun dan 15 tahun dan itu menjadi tantangan tersendiri mempertahankan dan melestarikan budaya Indonesia,” imbuhnya.

Deni menambahkan, PT Pertmaina Internasional EP selain fokus pada program pelestarian budaya dan keraton khususnya, pihaknya juga konsen terhadap Usaha Mikro Kecil & Menengah (UMKM) di Indonesia.”Sebagai contoh di event Tunjukkan Indonesiamu, kami menghadirkan pelaku UMKM Kreasi Masyarakat Baduy dari Banten,” tukasnya. (abe)

Berita Terkait

Leave a Comment