28 C
Tangerang Selatan
Jumat, 3 Februari 2023
Serpong Update
Gallery

2 Juta Kendaraan Akan Padati Tol Tangerang – Merak Selama Libur Lebaran

Serpongupdate.com –  Sekitar 2 juta kendaraan diprediksi akan melintas di tol Tangerang-Merak pada musim libur Lebaran tahun 2018 ini. Setiap harinya, diperkirakan akan ada 163.758 kendaraan lalu lalang di tol tersebut.

Krist Ade Sudiyono, Presiden Direktur PT Astra Infra Tol Road Tangerang Merak mengungkapkan, pihaknya sudah mempersiapkan beberapa skema rekayasa lalu lintas di tol tersebut, jika terjadi antrean kendaraan yang menumpuk.

Umumnya antrean panjang kendaraan terjadi di tiga gerbang keluar tol Merak, Cilegon Timur dan Gerbang Serang Timur. “Jika antrean sudah menumpuk di Merak, maka akan dilakukan penampungan kendaraan di Jalan Cikuasa sampai pertigaan akses Tol Merak,” kata dia, Rabu (6/6/2018).

Maka transaksi di gardu keluar gerbang Tol Merak dihentikan sementara atau diberlakukan sistem buka-tutup, dan akan dibuka kembali saat jalan Cikuasa bisa menampung kembali.

Dia pun meminta, pengguna jalan untuk beristirahat di rest area KM43 dan 68 jika kemudian diberlakukan sistem buka tutup di exit pintu tol Merak. “Pengendara bisa beristirahat dulu di KM43 dan 68 saat sistem buka-tutup di gerbang tol Merak diberlakukan,” katanya.

Selain buka-tutup, pihaknya juga menerapkan pengalihan keluar tol di Gerbang Cilegon Timur atau Cilegon Barat sampai antrean sudah dirasa lengang.

“Kemudian, jika terjadi antrean di Cilegon Timur, sebagian kendaraan akan dialihkan ke Gerbang Cilegon Barat. Hal serupa akan dilakukan jika antrean terjadi di Gerbang Serang Timur, maka akan dialihkan sebagian ke Gerbang Serang Barat,” kata Krist.

Bila diperlukan, sistem contraflow juga bisa diterapkan pada sejumlah titik yang sudah disipkan petugas untuk dialihkan ke gerbang tol terdekat. (han)

Berita Terkait

Leave a Comment