29.5 C
Tangerang Selatan
Jumat, 12 Agustus 2022
Serpong Update
Gallery

250 Pasien Bibir Sumbing di Operasi Dalam Sehari Dapat Rekor MURI

Serpongupdate.com – 250 pasien dengan celah bibir dan langit-langit mulut atau bibir sumbing, dioperasi serentak di 17 Siloam Hospitals di seluruh Indonesia.

Menyambut HUT RI ke – 73, Siloam Hospitals bekerja sama dengan Persatuan Ahli Bedah Mulut dan Maksilofasial Indonesia (PABMI) melakukan operasi pada 250 pasien bibir sumbing tersebut dilakukan serentak dalam satu dan hari satu malam pada Sabtu,  11 Agustus 2018.

Operasi bibir sumbing ini mendapatkan rekor dan tercatat di Museum Rekor Indonesia (MURI) untuk kategori Operasi Celah Bibir dan Langit-langit Mulut dengan Jumlah Pasien, Jumlah Rumah Sakit, dan Jumlah Dokter Spesialis terbanyak dalam satu hari.

Siloam Hospitals Lippo Village merupakan salah satu rumah sakit swasta yang turut terlibat pada aksi sosial tersebut di bawah pimpinan drg. Andi Setiawan Budihardja, Sp.BM (K) sebagai Ketua Tim Dokter Siloam Cleft Centre atau Klinik Celah Bibir dan Langit-langit Mulut Siloam Hospitals Lippo Village.

muri 1

drg. Andi Setiawan Budirahardja, Sp.BM (K), selaku Ketua Tim Dokter Siloam Cleft Center mengatakan, seluruh operasi dilakukan tanpa dipungut biaya.  Operasi tersebut mencakup  operasi celah bibir, celah langit-langit mulut, koreksi bibir, dan hidung sekunder. “Dalam pelaksanaannya, kami melibatkan 45 dokter spesialis ahli bedah mulut,” ucap  Andi di Siloam Hospitals Lippo Village, Karawaci, Tangerang, Minggu (26/8/2018).

Sebagai hasil dari operasi serentak tersebut pada Minggu (26/8/2018) di Siloam Hospitals Lippo Village dilakukan penyerahan Piagam MURI oleh Jaya Suprana kepada Ketua PABMI, drg. M. Syafrudin Hak, Sp.BM (K).

Kegiatan ini juga diikuti oleh Pengurus PABMI, dokter spesialis bedah mulut dan maksilofasial serta direktur dari 17 rumah sakit, dan perwakilan Smile Train selaku organisasi non profit selaku sponsor utama aksi sosial ini.

muri 4

Saat menyerahkan piagam rekor, Ketua Umum MURI Jaya Suprana menantang Siloam untuk mengadakan agenda serupa dalam jumlah pasien yang lebih banyak.

Sementara itu, Jennifer Hendra, CEO Siloam Hospitals Lippo Village mengatakan, sebagai bagian dari PABMI di Siloam Hospitals Lippo Village mendukung dan mengapresiasi kegiatan PABMI yang memberikan sumbangsih sosial.

Siloam Hospitals Lippo Village memiliki Siloam Cleft Center yang berdiri sejak 7 Februari 2018. Siloam Cleft Center merupakan tempat penanganan untuk anak kecil yang baru lahir dan orang dewasa yang mengalami celah bibir dan langit-langit mulut untuk dioperasi atau pernah operasi dan menginginkan koreksi. (sbr)

 

 

Berita Terkait

Leave a Comment