26.1 C
Tangerang Selatan
Minggu, 17 Oktober 2021
Serpong Update
RELEASE

ACT & MRI Kirim Relawan Tangguh dan Logistik dengan Kapal Kemanusiaan

Serpongupdate.com – Untuk meringankan beban saudara sebangsa terdampak bencana,  Aksi Cepat Tanggap (ACT) sebagai lembaga kemanusiaan yang selalu siap dan hadir membantu masyarakat melalui berbagai aksi. Salah satunya peduli terhadap korban terdampak bencana di Kalimantan dan Sulawesi, dengan mengajak seluruh sahabat dermawan untuk meringankan beban saudara sebangsa dengan melayarkan “Kapal Kemanusian”.

Awal tahun 2021 Indonesia kembali berduka. Seperti yang terjadi di Kalimantan Selatan, banjir bandang yang menenggelamkan sekitar 11 kabupaten dan kota, memaksa saudara-saudara kita mengungsi. Selain banjir Kalimantan Selatan, kabar duka juga datang dari kabupaten Mamuju dan Majene, Sulawesi Barat yang tertimpa gempa bumi. Gempa berkekuatan 6,2 magnitudo itu memorak porandakan ribuan rumah, masjid, sekolah, fasilitas umum, hingga beberapa akses jalan terputus.

“Kami mengajak sahabat dermawan, mari menjadi bagian dari keberangkatan kapal kemanusiaan. Karena kapal ini berisi bahan bakar kedermawanan dari rakyat Indonesia. Kami meminta doanya agar kapal kemanusiaan bisa selamat dan menyebarkan manfaat,” ucap Taufik, Ketua MRI Jakarta Barat saat Live Session di Kantor ACT Jakarta Barat

Kapal kemanusiaan tidak hanya sebagai media dan transportasi logistik yang akan menyalurkan donasi yang terkumpul kepada warga terdampak bancana, tetapi sebagai lambang kedermawanan dan gotong royong bangsa Indonesia terhadap bencana yang terjadi.

Rabu (27/1/21) ACT melayarkan “Kapal Kemanusiaan” untuk masyarakat terdampak dengan membawa kebutuhan pangan, selimut, obat-obatan, pakaian dan kebutuhan darurat lainnya yang diperlukan korban bencana.

ACT membawa 4.000 ton bantuan pangan dan logistik yang telah diamanahkan sahabat dermawan untuk saudara sebangsa yang tertimpa bencana. Selain itu, aksi ini sebagai bentuk upaya ikhtiar ACT dalam meringankan beban mereka yang terjadi di Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat.

ACT Jakarta Barat telah bergerak membuka posko yang difungsikan sebagai penerima  bantuan dari sahabat dermawan di wilayah Jakarta Barat dan akan disalurkan untuk memenuhi lambung “Kapal Kemanusian”. Adapun donasi yang terkumpul diantaranya bahan makanan pokok, selimut, susu, vitamin,  tandon air dan pakaian.

“Alhamdulillah sejak ACT Jakarta barat membuka Posko Lumbung Peduli Kapal Kemanusiaan dari ACT Jakarta Barat bersama kemitraan yang sudah tergabung bisa turut memberikan kontribusi untuk keberangkatan bantuan ke Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat. Semoga aksi kebaikan ini bisa menjadi gerakan yang secara masal bisa mengaktivasi kedermawanan khususnya untuk warga Jakarta Barat. ACT Jakarta Barat akan selalu siap menerima bantuan  yang akan disalurkan kembali dalam rencana aksi kapal kemanusiaan ke 2,” jelas Andrey Alfiansyah, Branch Manager ACT Jakarta Barat.

Selain membawa donasi, menyadari parahnya kondisi sebagian wilayah Kalimantan Selatan dan Sulawesi Barat, ACT mengerahkan 20 relawan terbaik dari Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Jakarta dan Depok dengan klasifikasi dan spesifikasi yang ditentukan untuk diterjukan ke wilayah terdampak bencana. Adapun pembagian tim menjadi empat yaitu rescue,  medis,  relif, dan trauma healing.

“Kami menyambut baik rencana ACT mengenai kapal kemanusiaan. Kita juga berkordinasi dengan teman-teman relawan. Selain itu sebelumnya kita sudah melakukan apel siaga bencana agar dalam situasi seperti bukan siap siaga saja tetapi aksi aksi aksi,” ucap Taufik

Sahabat, saat ini waktunya kita bergerak bersama selamatkan saudara sebangsa yang terdampak bencana, ringankan beban mereka dan tebarkan kebahagian melalui “Kapal Kemanusiaan”. Kirimkan donasi terbaik sahabat dermawan untuk ringankan duka dan derita saudara sebangsa terdampak bencana. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment