25.8 C
Tangerang Selatan
Kamis, 13 Juni 2024
Serpong Update
PROPERTY

AkzoNobel dan Dulux Persembahkan ‘Monarch Gold’ sebagai Colour of the Year 2016

Tren warna terbaru yang mengingatkan pesona masa lalu, serta merefleksikan kilau harapan di masa depan.

AkzoNobel, perusahaan cat dan pelapis terkemuka di dunia melalui salah satu brand unggulannya, Dulux memilih warna ‘Monarch Gold’ sebagai Colour of The Year 2016 yang merupakan bagianpanduan tahunan Dulux untuk tren desain global. Pada acara peluncuran di Somerset House, London.

Warna emas dan keemasan tampil dalam berbagai media dan digunakan berulangkali, tidak hanya pada pameran desain dan desain grafis, tetapi juga dunia arsitektur, fashion, kecantikan, dan dekorasi interior. Tidak berlebihan bila dikatakan warna ini menjadi  idola para pelaku dunia desain global.

Tahun ini, kita dihadapkan realitas menarik, di mana kita hidup di persimpangan zaman, persilangan antara masa lalu dan masa depan, perpaduan tradisi dan inovasi modern. Mengulaspendapat dan pandangan yang berlawanan menjadi hal yang sangat penting dan menarik untuk dilakukan. Kontradiksi ini diidentifikasi sempurna oleh warna emas yang mengikat seluruh tren 2016 dalam satu tema: Melihat ke Dua Sisi (Looking Both Ways).

 Tema dualitas ini diwakilkan oleh “Monarch Gold”, memiliki nuansa cukup terang untuk menarik perhatian, namun tetap selaras dikombinasikan dengan warna lain. Warna ini mengingatkan akan pesona masa lalu serta mendeskripsikan keindahan warna-warna bumi. Inilah‘Golden Hour’ dalam warna, transisi gelap dan terang; nuansa yang tampil di lukisan para empu di masa lalu (warisan) maupun seniman modern (masa depan). Warna yang memadukan masa lalu, maka kini dan masa depan kita.

Trend warna ini merupakan hasil dari studi yang dilakukan oleh AkzoNobel secara berturut-turut selama 13 tahun tentang tren desain global, yang dikenal sebagai ColourFuturesTM. Setiap tahun, AkzoNobel Global Aesthetic Centermempertemukan Analogue Group, yakni sekelompok pakar ternama di bidang desain dan warna untuk membahas apa yang mereka percaya akan menjadi perkembangan utama di dunia pada tahun-tahun mendatang, berdasarkan tren sosial dan desain global.

Mewakili berbagai bidang di dunia, para ahli tersebut mampu menarik banyak sumber, mulai dari seni rupa hingga teknologi, desain hingga alam, arsitektur hingga fashion, serta musik dan budaya populer, dalam rangka memberikan wawasan kepada industri desain tentang tren terbaru di tahun mendatang.

Setiap tahun, Colour FuturesTMmenampilkan kekuatan pendorong yang mendukung semua tren ini secara bersamaan yang akhirnya disimpulkan menjadiColour of the Year. Untuk tahun 2016, selain ‘Monarch Gold’yang dinominasikan sebagai Colour of the Year, dualitas ‘melihat kedua sisi’ juga terdapat pada empat tren utama, yaitu: Heritage & Future, Words & Pictures, Dark & Light, The Grid & Letting Go

Mengomentari peluncuran Colour of the Year 2016 dan ColourFuturesTM 2016, Ruud Joosten, anggota Komite Eksekutif AkzoNobel Decorative Paints mengatakan,warna merupakan bagian integral dari bisnis kami – kami mempelajari warna dan desain tren global karena kami ingin berada di ujung tombak keinginan konsumen. Produk AkzoNobel yang penuh warnadapat ditemukan di tempat-tempat yang tidak terduga; mulai dari cat dekoratif di rumah-rumah penduduk, hingga cat pelapis yang melindungi bangunan global yang ikonik dan membuat mobil Formula 1 melaju lebih cepat.

 

 

Berita Terkait

Leave a Comment