28.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
RELEASE

Alfamart Bukukan Kinerja Positif di Tahun 2015

PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk (Perseroan) kembali melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) Tahunan di Kantor Pusat Alfamart Tangerang, Jumat (27/05/2016).

Kondisi perekonomian nasional yang penuh tantangan di tahun 2015, berdampak signifikan bagi kinerja Perseroan dan Entitas Anak. Tantangan eksternal terutama terkait melemahnya daya beli konsumen, serta meningkatnya beban gaji dan upah karyawan (upah minimum dan beban BPJS) secara signifikan.

Presiden Direktur PT Sumber Alfaria Trijaya Tbk, Anggara Hans Prawira mengungkapkan, meskipun Perseroan dan Entitas Anak menghadapi tantangan berat sepanjang tahun 2015, namun dengan kegigihan dan upaya kerja keras manajemen beserta jajarannya, Perseroan mampu melalui tahun 2015 dengan menghasilkan pencapaian yang cukup baik.

“Pendapatan neto konsolidasian Perseroan dan Entitas Anak pada tahun 2015 mencapai Rp 48.27 triliun, meningkat sebesar 16.31 persen dibandingkan tahun 2014 yang mencapai Rp 41.50 triliun. Pertumbuhan pendapatan neto terutama didorong oleh pertambahan gerai Perseroan dan Entitas Anak sepanjang tahun 2015, di samping pertumbuhan pendapatan gerai,” jelas Hans.

Hans menambahkan, pencapaian ini didukung oleh pertumbuhan gerai Perseroan dan Entitas Anak sebesar 13.94 persen menjadi 12.258 gerai, yang terdiri dari 11.115 gerai Perseroan dan 1.143 gerai Entitas Anak. Sebanyak 74.60 persen gerai Perseroan dan Entitas Anak tersebar di Jawa dan 25.40 persen lainnya berada di luar Pulau Jawa. “Pengembangan jumlah gerai di luar Pulau Jawa masih menjadi fokus Perseroan karena pasar yang masih terbuka luas,” terangnya.

Guna mendukung jaringan distribusi gerai, sepanjang tahun 2015 Perseroan dan Entitas Anak telah membuka 2 gudang pendukung di Batam dan Yogyakarta, sehingga keseluruhan jumlah gudang pada akhir 2015 adalah 39 gudang. “Pengembangan layout gudang baru kami lakukan untuk memastikan kecepatan distribusi dan ketersediaan pasokan di seluruh gerai kami,” ujar Hans.

Selain itu, pengembangan juga dilakukan pada format gerai Perseroan dan Entitas Anak. Selain mengoperasikan gerai regular dengan merk Alfamart, Perseroan juga kembali menggunakan brand Alfaexpress untuk gerai-gerai spesifik yang berlokasi di daerah tertentu, seperti stasiun kereta api dan bandara.

Pada 2015, Perseroan juga melakukan rebranding logo Alfamart secara bertahap dengan menekankan pentingnya esensi dari brand itu sendiri yakni “Cerdas dan Peduli”. Hal ini merupakan wujud komitmen manajemen untuk berupaya lebih baik dalam melayani keluarga Indonesia sesuai dengan harapan dan kebutuhan pelanggan.

Namun, peningkatan biaya operasional dan beban keuangan di tahun 2015 juga berdampak pada pertumbuhan laba usaha Perseroan. Presentase laba usaha konsolidasian terhadap pendapatan neto menurun sebesar 0.62 persen dari tahun 2014 menjadi 2.37 persen. “Perseroan meyakini berbagai upaya efisiensi, pengembangan dan perbaikan proses bisnis dan layanan yang semakin baik akan menumbuhkan kembali laba Perseroan di masa mendatang,” tegas Hans.

Berita Terkait

Leave a Comment