29.3 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 24 Februari 2024
Serpong Update
POLITIK

Bawaslu Tangsel Ajak Media untuk Memantau Pemungutan Suara Pemilu 2024

Serpongupdate.com – Dalam proses demokrasi, media punya peran penting dalam proses pemilihan umum, seperti Pemilu 2024. Dimana media juga punya tanggung jawab besar dalam publikasi pengawasan tahapan pemungutan dan penghitungan suara.

Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengajak media untuk turut serta dalam memantau pemungutan suara pada Pemilu 2024. Langkah ini diambil guna memastikan transparansi, kejujuran, dan kelancaran proses demokrasi.

Untuk itu, Badan Pengawas Pemilu Kota Tangerang Selatan (Bawaslu Tangsel) mengajak jurnalis dalam agenda Rapat Koordinasi Bersama Media Kota Tangerang Selatan dengan tema “Peran Media dalam Publikasi Pengawasan Tahapan Pemungutan dan Penghitungan Suara Pada Pemilu 2024” yang diadakan pada Minggu, 11 Februari 2024 di Kantor Sekretariat Bawaslu Tangsel.

Dalam konferensi pers tersebut, Muhammad Acep Ketua Bawaslu Tangsel menegaskan pentingnya peran media sebagai mitra dalam menjaga integritas dalam proses pemilihan umum. Ajakan ini diharapkan dapat meningkatkan partisipasi publik dan memastikan proses pemilu berjalan dengan baik dan sesuai aturan.

Ia mengajak para jurnalis di Tangsel mengikuti jalannya Pemilu 2024 yang digelar pada hari Rabu, 14 Februari 2024 secara langsung dari Kantor Sekretariat Bawaslu Tangsel.

“Kami akan mengakomodir teman-teman media untuk melihat jalannya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2024 lewat layar monitor. Sehingga para jurnalis bisa secara realtime mengikuti kegiatan Pemilu 2024 cukup dari Sekretariat Bawaslu Tangsel,” ujarnya kepada puluhan jurnalis.

Lebih lanjut ia menerangkan, Bawaslu Tangsel akan menampilkan layar monitor jalannya Pemilu 2024 di Kota Tangerang Selatan pada tanggal 14 Februari 2024. Dimana para jurnalis bisa mengikuti kegiatan anggota Bawaslu, melakukan pemantauan atau oncam dari TPS yang ada di Tangsel dan informasi hasil dari Formulir C1. “Kami juga akan mengeluarkan relese,” ucapnya.

Terkait hari tenang. Ketua Bawaslu Tangsel juga mengingatkan kepada media cetak dan elektronik untuk menurunkan atau mencabut iklan caleg dan partai peserta pemilu, agar tidak menimbulkan kerugian bagi caleg dan partai tersebut.

Dirinya menegaskan pentingnya menjaga ketertiban dan menghindari segala bentuk pelanggaran kampanye selama masa tenang tersebut.”Intinya kami sebagai Bawaslu sifatnya preventif atau pencegahan, sehingga tidak timbul pelanggaran,” ucapnya.

Ketua Bawaslu Tangsel juga menyerukan partisipasi aktif masyarakat selama masa tenang, sambil menekankan pentingnya menjaga stabilitas dan kedamaian selama proses demokrasi berlangsung. (Red)

Berita Terkait

Leave a Comment