banner
power-banks-istimewa

Begini Ketentuan Membawa Powerbank Dalam Pesawat

Serpongupdate.com – Pihak Bandara Soekarno Hatta, Tangerang memberikan penjelasannya terkait aturan membawa powerbank dalam segi keamanan penerbangan. Branch Communication Manager Bandara Soetta, Erwin Revianto mengungkapkan regulasi tersebut dikeluarkan oleh Asosiasi Maskapai Penerbangan Sipil Internasional (IATA).”Itu sebenarnya imbauan dari IATA sudah lama. Tapi kami mulai ingatkan lagi sekarang – sekarang ini,” ujar Erwin, Minggu (11/3/2018).

Asosiasi maskapai internasional tersebut menyatakan bahwa powerbank yang mempunyai kapasitas di bawah 100Wh dapat dibawa dalam bagasi kabin. Sedangkan powerbank berkapasitas 100Wh – 160Wh harus melalui persetujuan maskapai yang bersangkutan.

Dan powerbank dengan kapasitas lebih dari 160Wh sama sekali dilarang dalam penerbangan. Kapasitas 100Wh jika dikonversi dalam mAh adalah sebesar 27.000mAh.Jadi powerbank yang bisa dibawa bebas ke dalam kabin adalah yang berkapasitas di bawah 27.000mAh dengan voltase 3.85V.

“Ini kami ingatkan lagi melalui akun media sosial Instagram untuk mengimbau penumpang terkait kejadian beberapa waktu lalu di China,” kata Erwin.

Seperti diberitakan sebelumnya, penumpang maskapai penerbangan China Southern Airlines dari Guangzhou ke Shanghai pada Minggu (25/2/2018) lalu harus turun dari pesawat, ketika powerbank terbakar di bagasi kabin. Pihak China Southern Airlines menerangkan penumpang pesawat dengan nomer penerbangan CZ3539 itu melihat asap dan api yang berasal dari tas penumpang.

Insiden tersebut berhasil diatasi dengan bantuan departemen kebakaran dan keamanan. Penumpang yang memiliki tas berisikan powerbank itu dibawa ke kantor polisi untuk membantu proses penyelidikan.

Dalam investigasi awal menunjukan, powerbank tidak dalam keadaan sedang digunakan ketika api muncul. Penggunaan perangkat tersebut telah dilarang oleh Organisasi Penerbangan Sipil Internasional, namun masih diperbolehkan dalam batas yang ditentukan.(ccp)

 

 

 

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *