banner
11

Berlangsung di ICE BSD City, Ratusan Pelajar Ikut Lomba Robotik IYRC 2019

Serpongupdate.com – Sinar Mas Land, bersama Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic menggelar Indonesian Youth Robot Competition (IYRC) 2019. Acara IYRC diadakan setiap tahun sejak 2014 dan tahun ini mengangkat tema “My Robot Helps Us”.

“IYRC sendiri dipersembahkan oleh Sinar Mas Land sebagai bagian dari program untuk mewujudkan sebuah ekosistem digital dan tekhnologi di BSD City yang kini tengah bertransformasi menjadi Integrated Smart Digital City,” papar Irawan Harahap, Project Leader Digital Hub Sinar Mas Land.

10

IYRC memiliki beberapa kategori unggulan seperti yang dilombakan pada tahun-tahun sebelumnya. Antara lain Robot Soccer, kompetisi robot dimana setiap tim ditantang untuk memasukkan bola ke gawang lawan dengan beragam teknik dan strategi hingga mencetak gol dengan menggunakan robot. Kinder Mission adalah ketangkasan berhitung dengan cara menjawab soal matematika dengan gerakan robot.

Ada juga Push Push Sumo adalah strategi bagaimana robot bertahan di area kompetisi dengan cara mengeluarkan lawan dari arena lomba. Humanoid Mission Game adalah kompetisi dimana robot diwajibkan melewati rintangan track berbahaya dan mencapai Finish dengan cepat serta memindahkan benda tertentu. Creative Robot adalah lomba untuk membuat karya aplikatif berbasis robotic dengan tema pilihan juri. Selain itu, terdapat beberapa kategori baru, yaitu: IoT Games, Super Maze Solving Game, Brick Speed, Volley Ball dan Drone Mission.

17

“Acara berskala nasional yang diikuti sekitar 500 pelajar dari berbagai tingkatan ini,  merupakan salah satu agenda menuju kompetisi robotic kelas dunia International Youth Robot Competition di Korea Selatan pada bulan Agustus yang akan datang,” terang Ketua IYRC Firdiansyah pada Minggu 14 April 2019 di BSD City.

Sebagai informasi. BSD City saat ini kerap menjadi tuan rumah sejumlah event dibidang IT (Information Technology) bertaraf nasional dan internasional diantaranya IESE (Indonesia E-Commerce Summit and Expo) serta Indonesia Fintech Festival and Conference.

Tentang Indonesian Youth Robot Competition (IYRC)
Indonesia Youth Robot Competition/IYRC  2019 adalah kompetisi  tahunan robotic anak  berskala  nasional  yang digelar  oleh Asian Robotic Competition Committee dan Racer Robotic dalam kerjasama dengan  Sinar Mas Land. Acara IYRC ke-5 ini bertema “My Robot Helps Us”, dengan pilihan kategori yang diadaptasi dari lomba robotic international; Robot Soccer, IoT Games, Kinder Mission, Super Maze Solving, Push Push Sumo, Creative Maker, Humanoid Mission, Volley Ball dan Drone Mission. Kompetisi ini terdiri dari 3 level yaitu TK, SD dan SMP-SMA. Lomba ini dihadiri lebih 500 anak dari seluruh sekolah di kota-kota besar di Indonesia.(sbr)

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *