banner
silat

Berlin Open 2019 : Saatnya Atlet Eropa Juarai Turnamen Pencak Silat di Kawasan

Serpongupdate.com – Tak kurang 50 atlet pencak silat asal Eropa ikut dalam pertandingan silat Berlin Open 2019, yang digelar hari Sabtu, 26 Januari 2019. Pertandingan yang berlangsung di Kota Rüdersdorf, Jerman ini diselenggarakan oleh Pencak Silat Union Deutschland (PSUD).

Tak hanya perguruan pencak silat Jerman, perguruan asal Belanda pun ikut andil dalam kejuaraan ini. Dari Jerman pertandingan diikuti oleh perguruan Bongkot Harimau, Perisai Diri, Panca Indra Suci, Tapak Suci dan Silat Gerak Pilihan. Sedangkan dari Belanda yaitu perguruan Perisai Putih, Panca Asas, Bongkot Harimau, Pencak Silat Panglipur dan Bongkot Friesland.

Berlin Open 2019 menggelar beberapa kelas tanding. Mulai dari kelas anak-anak usia 4 tahun sampai kelas dewasa usia 49 tahun. Presiden PSUD, Boris Sebastian Gürtler menyatakan sangat senang, ternyata para peserta sangat antusias dalam pertandingan ini, terutama banyaknya peserta dari kelas anak-anak. “Mereka adalah tokoh masa depan yang akan melanjutkan estafet pelestarian budaya pencak silat di Eropa,” ujar Boris.

silat 1

Duta Besar RI untuk Jerman, Arif Havas Oegroseno, yang hadir menyaksikan acara tersebut, berharap agar dalam turnamen seperti ini para peserta dapat merasa menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

Menurut Dubes Havas, Kalau turnamen pencak silat region Eropa, pesertanya seharusnya hanya dari Eropa saja. Kalau peserta dari Asia juga ikut, nanti peserta dari Eropa jadi kalah saing. Kita harus bisa legowo memberikan kesempatan bagi peserta Eropa untuk menjuarai turnamen seperti ini. Hal tersebut akan meningkatkan ownership mereka terhadap Pencak Silat.

Dubes Havas lebih lanjut menyarankan PSUD untuk berkoordinasi dengan Belgische Pencak Silat Federatie di Belgia. BPSF Belgia telah lebih dulu mengembangkan pencak silat di Eropa. PSUD dan BPSF bisa jajaki  penyelenggaraan pertandingan silat region Eropa di Jerman pada musim dingin.“Ini akan jadi  pelengkap pertandingan musim panas yang rutin diselenggarakan di Belgia,“ tambah Dubes Havas.

Dengan adanya kegiatan turnamen yang terintegrasi di berbagai kawasan di Eropa, akan terbentuk komunitas pencak silat yang lebih besar. Hal ini juga diyakini akan membantu perkembangan pencak silat di Jerman serta memantapkan peran penting PSUD di Jerman.

PSUD merupakan organisasi pencak silat yang memayungi beberapa perguruan pencak silat di Jerman, yaitu perguruan Bangau Putih, Bongkot Harimau, Mande Muda, Panca Indra Suci, Perisai Diri, Pukulan Melaka, Silat Gerak Pilihan, Silek Tuo dan Tapak Suci. (han)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *