28.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
HEALTH

Bethsaida Hospital : Waspadai Henti Jantung Mendadak

Serpongupdate.com – Henti Jantung mendadak (Sudden cardiac arrest) adalah keadaan dimana aktivitas Jantung mendadak terhenti akibat gangguan irama Jantung dan dapat menyebabkan kematian.

Biasanya penderita henti Jantung mendadak mengalami pingsan atau gangguan kesadaran secara tiba-tiba, tidak bernafas dan saat perabaan tidak didapatkan adanya denyut nadi. Jika mendapati keadaan henti Jantung mendadak, sebaiknya dilakukan resusitasi Jantung paru, memanggil bantuan paramedis dan segera dirujuk ke sarana Kesehatan terdekat.

Kondisi ini biasanya tidak memiliki gejala awal dan terkadang hanya ditandai dengan gejala atau tanda seperti nyeri dada, sesak nafas, lemas, Jantung berdebar atau detak Jantung yang tidak teratur.

Penyebab terbanyak yang mengakibatkan henti Jantung mendadak adalah serangan Jantung atau penyakit Jantung koroner. Penyebab lainnya adalah kelainan irama Jantung, kelainan katup Jantung yang berat dan penyakit Jantung bawaan.  

Risiko henti Jantung mendadak bisa didapati pada seseorang yang mempunyai keturunan akan penyakit Jantung koroner, mempunyai kebiasaan merokok dan gaya hidup tidak sehat. Faktor risiko yang sering menyebabkan terjadinya henti Jantung mendadak adalah kencing manis (diabetes melitus), tekanan darah tinggi (hipertensi), kolesterol tinggi dan kegemukan.

Untuk mencegah henti Jantung mendadak diperlukan identifikasi faktor risiko kardiovaskular, gaya hidup yang sehat dengan asupan makanan yang bergizi serta pola diet rendah kolesterol, olah raga rutin, jauhi stres, melakukan kebiasaan yang aktif dalam beraktivitas dan mencapai berat badan yang ideal.

Tidak lupa melakukan medical check-up (MCU) secara teratur, melakukan tatalaksana yang optimal jika terdapat faktor risiko kardiovaskular dan melakukan terapi yang baik jika terdapat penyakit kardiovaskular (seperti penyakit Jantung koroner, lemah Jantung dan gangguan irama Jantung). (Foto : Istimewa)

(dr. Yudistira Panji Santosa, Sp.PD-KKV, M.Kes Bethsaida Hospital)

Berita Terkait

Leave a Comment