32 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
EDUCATION

Biru Voices 2023 dan UMN ECO Gelar Acara Jnana Sanka Sebagai Bentuk Manifestasi Indonesia Minim Carbon-Footprint

Serpongupdate.com – Organisasi kemahasiswaan Universitas Multimedia Nusantara berbasis Sustainable Development Goals (SDG), UMN ECO 2023, mencetak langkah awalnya dengan menggelar pre-event “Jnana Sanka”. Dalam kesempatan ini, UMN ECO berkolaborasi dengan Biru Voices 2023 untuk terus berkomitmen menjaga lingkungan, khususnya perihal kualitas udara di Indonesia.

Jnana Sanka terdiri dari empat rangkaian kegiatan dengan Campus Talk Show sebagai puncaknya. Acara ini berfokus dalam menyukseskan SDG ke-13, yaitu Penanganan Perubahan Iklim. UMN ECO menginisiasikan keempat acara tersebut dengan harapan mendorong masyarakat, khususnya mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara untuk memberikan dampak besar terhadap lingkungan serta kualitas hidupnya.

Rangkaian kegiatan yang pertama disebut dengan UDAsmaRA. Dalam kegiatan ini, UMN ECO membuka sebuah booth yang berlokasi di Lobi D, Universitas Multimedia Nusantara. Booth ini resmi dibuka pada Senin, 4 September hingga Kamis, 7 September 2023. UDAsmaRA didirikan sebagai sarana edukasi tentang bahaya dan dampak polusi udara untuk ECO Friends, para mahasiswa yang merupakan audiens dari UMN ECO. Tidak hanya itu, booth tersebut juga memfasilitasi suara ECO Friends dengan penulisan aspirasi serta harapan mereka melalui papan yang tersedia. Adapun terkumpul sejumlah 278 lebih aspirasi yang dihasilkan dari kegiatan UDAsmaRA ini.

Menyambut Hari Udara Bersih Sedunia pada Kamis (07/09/23), UMN ECO mengajak ECO Friends untuk mengenakan pakaian berwarna biru dengan kegiatan bertajuk “Equip Your Voice”. Dengan gerakan massal ini, diharapkan ECO Friends mampu melisankan suaranya untuk udara bersih melalui pakaian mereka. Sebelumnya aksi serupa pernah  dilakukan oleh UMN ECO dengan judul “Earth Tone Day” dalam rangka memeriahkan Hari Bumi pada Rabu (24/04/23). Gerakan tersebut disambut dengan antusias oleh para mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara. Hal ini dibuktikan dari banyaknya partisipasi dengan ratusan mention berisikan unggahan pakaian bernuansa earth tone pada  hari itu.

Campus Talk Show bertemakan “Green Living: Small Changes, Big Impact” juga diselenggarakan UMN ECO dan Biru Voices 2023 sebagai puncak kegiatan Jnana Sanka. Nantinya, Talk Show akan dilaksanakan secara terbuka pada Kamis, 7 September 2023 di Kantin C Universitas Multimedia Nusantara. UMN ECO secara eksklusif mendatangkan dua pembicara, yaitu Fakhri N. Syahrullah selaku Impact Manager Jejak.in dan Primadita Rahma  yang merupakan Community Specialist dari Bicara Udara.

Topik yang disampaikan  bersinggungan dengan isu udara seperti halnya carbon footprint, green transportation, hingga manfaatnya terhadap lingkungan. Talk Show tersebut bersifat terbuka dengan tujuan materi dapat tersebar secara luas, sehingga mampu membangkitkan kesadaran seluruh warga kampus untuk menggunakan transportasi hijau demi kelestarian lingkungan.

Bercita-cita menyatukan suara untuk lingkungan udara yang bersih dan bebas polusi, UMN ECO dan Biru Voices 2023 juga meluncurkan social media campaign  berjudul “One Voice”. ECO Friends  diminta untuk  mengabadikan momen  saat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan Jnana Sanka melalui akun Instagram pribadinya masing-masing. Hal menghebohkan dari dicanangkannya kampanye ini adalah ECO Friends berkesempatan untuk memenangkan hadiah undian fantastis berupa satu unit air purifier dari Biru Voices 2023. Twibbon dari ECO Friends pun meramaikan laman Instagram pada hari berlangsungnya kegiatan “One Voice”.

Biru Voices merupakan program duta udara bersih dengan visi utama memberikan pembekalan kepada para mahasiswa. Hal ini bertujuan untuk mendorong generasi muda untuk berkontribusi terhadap pelestarian lingkungan. Program Biru Voices pun juga beroperasi untuk mendukung pengembangan karir dalam bidang sustainability. Dengan demikian, Biru Voices mengedepankan karir masyarakat yang berfokus pada keberlanjutan lingkungan dalam dua aspek, yaitu lingkungan dan sosial.

Biru Voices dibentuk oleh Bicara Udara, sebuah komunitas berbasis lingkungan dengan tujuan mengajak masyarakat untuk memperbaiki kualitas udara di Indonesia. Salah satu mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara, Dave Hapien, terpilih menjadi salah satu perwakilan dari 10 duta Biru Voices 2023. Dalam kesempatannya tersebut, Dave mendapatkan dana hibah untuk menjalankan proyek kampanye udara bersih. Sehubungan dengan tujuannya, Dave memilih UMN ECO sebagai mitra kerja dalam pengembangan proyeknya.

UMN ECO sendiri merupakan sebuah organisasi yang memberikan wadah bagi mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara untuk bersama-sama mengambil peran secara aktif dalam memanifestasikan lingkungan berkelanjutan. Sedangkan, UMN ECO 2023 mengangkat isu carbon footprint yang  menjadi permasalahan utama masyarakat Indonesia saat ini. Dengan tema “Know Your Path for Earth’s Sustainability” dan konsep “The Dwelling Place of Nature’s Temple”. Dengan demikian, ECO Friends diajak untuk menyinggahi tempat-tempat berharga dan melangkah lebih maju dalam menjaga bumi dari keterpurukan.

Kerja sama antara Biru Voices dan UMN ECO 2023 merupakan bentuk komitmen untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap keseimbangan lingkungan. Oleh karena itu, keempat rangkaian kegiatan dari Jnana Sanka diharapkan mampu mendorong ECO Friends untuk mulai mewujudkan lingkungan berudara bersih demi masa depan yang cerah. Tidak berhenti di Jnana Sanka, UMN ECO pun dinanti-nantikan untuk menggelar berbagai kegiatan menarik lainnya. Kegiatan tersebut akan disusul oleh “The Making of Nawasena”, “Hidden City in Wehea”, “ECO Patra”, hingga “Gate of Meru Betiri” yang akan segera hadir sebagai bentuk perjuangan UMN ECO bersama ECO Friends terhadap keberlangsungan lingkungan. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment