26.1 C
Tangerang Selatan
Senin, 5 Desember 2022
Serpong Update
PROFILE

Brigjen Pol Hilman, Raih Gelar Doktor di Unpad dengan Predikat Cumlaude

Serpongupdate.com – Brigjen Pol Hilman, S.Ik, S.H., M.H anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) meraih gelar Doktor Ilmu Hukum di Universitas Padjadjaran (Unpad) Bandung.

Merupakan sebuah prestasi dan membanggakan bagi Polri, Brigjen Pol Hilman dinyatakan lulus dengan predikat Cumlaude dalam Sidang Promosi Terbuka Doktor Ilmu Hukum di Gedung Komar Kantaatmadja Program Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Padjadjaran, Bandung, Jumat, 18 November 2022.

Brigjen Pol Hilman merupakan perwira tinggi Polri yang kini bertugas sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) daerah Banten.

Dalam sidang yang berlangsung sekitar dua jam, Brigjen Pol Hilman menyajikan disertasi berjudul “Bentuk Penanganan Terhadap Pelanggaran Tata Ruang Berdasarkan Asas Tata Kelola Pemerintah yang Baik (Good Governance) guna Mewujudkan Pembangunan Berkelanjutan (Sustainable Development).

Dalam paparannya, Brigjen Pol Hilman mengungkapkan temuan hasil penelitiannya terkait penanganan terhadap pelanggaran tata ruang.

Temuan pertama adalah konsep bagaimana merekonstruksi pelanggaran tata ruang secara regulasi dan kebijakan pemerintah. Hilman mengatakan, penanganan terhadap pelanggaran tata ruang perlu menitikberatkan peran serta masyarakat atau model bottom up.

“Pemulihan fungsi ruang, banyak pelanggaran tata ruang sudah berdampak pada lingkungan, ekonomi dan kehidupan sosial kemasyarakatan. Pengembalian fungsi ruang menjadi titik temuan dalam hasil penelitian saya. Sehingga kerusakan terhadap efek pelanggaran tata ruang bisa diperbaiki untuk generasi yang akan datang,” ujarnya.

Kemudian berdasarkan temuan kedua penelitiannya, Hilman merekomendasikan model penanganan terhadap pelanggaran tata ruang dengan mengedepankan penanganan restorative.

“Pengembalian fungsi ruang yang utama,” terang Hilman yang merupakan alumnus S1 dan S2 Ilmu Hukum Universitas Lampung itu.

Sidang Promosi Doktor Brigjen Pol Hilman dipimpin oleh Dekan Fakultas Hukim Unpad, Dr. Idris, S.H., M.A selaku Ketua Sidang, dengan Ketua Promotor Prof. Dr. I Gde Pantja Astawa dan menghadirkan Oponen Ahli di antaranya Prof. Dr. Lili Rasjid dan Prof. Dr. Mien Rukmini. Keduanya merupakan Guru Besar Fakultas Hukum yang dilibatkan sebaga tim penguji.

“Terima kasih saya masih diikutsertakan pada sidang Promosi Doktor dari generasi muda Polri ini. Berarti dengan Saudara Hilman, ada tiga dari Polri yang saya masih diikutsertakan (sebagai penguji),” kata Prof. Dr. Lili Rasjidi memberikan pujian kepada Brigjen Pol Hilman.

Sementara itu, Prof. Dr. I Gde Pantja Astawa selaku Ketua Promotor mengatakan, diraihnya gelar Doktor oleh Brigjen Pol Hilman adalah hadiah untuk Polri dan momentum untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat di tengah menurunnya citra kepolisian.”Saya selalu mendukung Polri, dan ini membanggakan untuk Polri,” kata I Gde Pantja Astawa.

Diharapkan, hasil penelitian terkait penanganan pelanggaran tata ruang yang dilakukan Brigjen Pol Hilman dapat memberikan kontribusi positif pada negara dan masyarakat.

Diketahui, Brigjen Pol Hilman merupakan perwira tinggi Polri yang ditugaskan pada Badan Intelijen Negara (BIN). Ia diberi amanah sebagai Kepala BIN Daerah Banten sejak Februari 2022. Hilman yang merupakan lulusan Akpol 1992 pernah menjadi Direktur Reserse Kriminal Umum (Dirreskrimum) Polda Kaltim. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment