28 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 4 Februari 2023
Serpong Update
RELEASE

Business Incubator Meetup Forum, Kolaborasi Utuh, Inkubator Berkembang, UMKM Tumbuh, Indonesia Maju

Serpongupdate.com – Berkontribusi dalam upaya peningkatan Rasio Kewirausahaan di Indonesia, pada Rabu (26/10/2022), Kampus Umar Usman menyelenggarakan Business Incubator Meetup Forum yang bertempat di Aula Kampus Bisnis Umar Usman Gd. Khadijah Learning Center Dompet Dhuafa, Kel. Rawa Mekar Jaya, Kec. Serpong, Tangerang Selatan, Banten.

Business Incubator Meetup Forum mengangkat tema “Kolaborasi Utuh, Inkubator Berkembang, UMKM Tumbuh, Indonesia Maju” merupakan kegiatan lanjutan dari realisasi komitmen Inkubator Bisnis Umar Usman dalam meningkatkan daya saing usaha dengan berbagai kegiatan.

Turut hadir Kementrian Koperasi dan UKM, Kementrian Perindustrian, Dewan Pengawas Yayasan Inkubator, LPDB KUKM, Dinas Koperasi dan UKM Tangerang Selatan, Yayasan Pendidikan Umar Usman, Dompet Dhuafa, Danone Indonesia, PT. Rebach International, Institut Kemandirian, Komunitas Forum Kewirausahaan Pemuda, media dan para tamu undangan lainnya.

Kepala Inkubator Bisnis Umar Usman, Rendika Rezky menyampaikan dalam sambutannya bahwa untuk dapat meningkatkan rasio kewirausahaan di Indonesia tidaklah mudah, perlu berbagai upaya, berbagai program dan kolaborasi berbagai pihak. Salah satu untuk mencapai target tersebut yaitu dengan kolaborasi dengan berbagai pihak melalui forum diskusi yang telah diselenggarakan.

Tujuan forum diskusi ini yaitu untuk mengetahui permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh para UMKM dan Inkubator Bisnis, mulai dari akses pembiyaan, akses pasar dan akses lainnya. Diharapkan dari permasalahan yang disampaikan dapat ditemukan berbagai solusi efektif untuk menanggulanginya dan tercipta sinergitas berbagai pihak. Kolaborasi utuh dapat mengembangkan inkubator, menumbuhkan UMKM.

Selain itu, kegiatan ini dalam upaya membentuk Ekosistem Wirausaha dan mengumpulkan puzzle puzzle dari para Pihak yang memiliki Kepentingan, Kebijakan, Kepedulian didunia Wirausaha untuk melakukan kolaborasi. Dalam upaya meningkatkan kewirausahaan tidaklah mudah dan sangat sulit untuk berjalan sendiri sendiri. Untuk itu kegiatan ini sebagai langkah awal untuk menginisiasi kolaborasi dengan menggali permasalahan, program, kegiatan, dukungan yang masing masing pihak miliki untuk bisa diselaraskan dan dijalankan bersama.

Selanjutnya, hasil dari FGD akan ditindaklanjuti dengan membuat mapping, membuat pembagian peran yang akan dirumuskan dalam bentuk program kolaborasi Pentahelix yang konkrit demi Kewirausahaan Indonesia yang tumbuh dan Indonesia Maju.

Inkubator Bisnis Umar Usman berkomitmen untuk menginisiasi dan mengawal proses kolaborasi Pentahelix ini dan membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk memanfaatkan peluang dan potensi yang ada untuk Wirausaha tumbuh dan Indonesia Maju . (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment