29.8 C
Tangerang Selatan
Jumat, 19 April 2024
Serpong Update
COMMUNITY

Cerita Rakyat Indonesia Dalam Bingkai Fotografi

Sukses menggelar roadshow di 5 kota, Rio Wibowo, seorang fotografer yang dikenal dengan Rio Motret, didukung oleh Bakti Budaya Djarum Foundation mempersembahkan Alkisah, sebuah pameran foto yang mengkolaborasikan dunia seni dan fashion.

Penyelenggaraan pameran yang mengangkat kembali dongeng dan legenda Indonesia dalam bingkai fotografi kali ini bekerja sama dengan Pekan Raya Indonesia (PRI), pesta rakyat Indonesia dengan kemasan entertainment yang digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE) Bumi Serpong Damai, 20 Oktober – 06 November 2016.

“Kami antusias dengan hadirnya pameran foto Alkisah ini karena menjadi medium memperkenalkan cerita rakyat Indonesia melalui seni fotografi, khususnya terhadap generasi muda. Setiap pihak mulai dari penyelenggara hingga lebih dari seratus pekerja seni yang terlibat memiliki komitmen kuat untuk menghasilkan karya seni tentang cerita rakyat melalui kualitas fotografi terbaik. Kami berharap pameran foto alkisah ini dapat menginspirasi masyarakat untuk lebih mengenal cerita rakyat Indonesia,” ujar Renitasari Adrian Program Director Bakti Budaya Djarum Foundation.

Berbeda dengan kota Jakarta, Surabaya, Bandung, Makassar, dan Yogyakarta dimana Alkisah sudah lebih dahulu digelar, Rio Motret khusus mengangkat kisah Puteri Junjung Buih dari Kalimantan Selatan yang ditampilkan Olla Ramlan dengan anggun.

Ide Alkisah sendiri muncul ketika Rio sadar bahwa banyak sekali dongeng luar negeri yang mampu bertahan dari generasi ke generasi. Padahal, di Indonesia lahir berbagai cerita rakyat dari berbagai daerah-daerah yang ada. Oleh sebab itu, dengan semangat bangga pada kekayaan budaya Indonesia, Rio bertekad untuk membuat sebuah pameran foto Alkisah demi menyadarkan masyarakat Indonesia untuk lebih mengenal kebudayaan sendiri.

“Pameran foto ini merupakan salah satu pencapaian karier saya sebagai fotografer. Merupakan kebanggaan bagi saya dapat mengajak teman-teman selebritis, stylist, desainer, dan juga kontributor lainnya dalam rangka mengenalkan cerita-cerita rakyat yang ada di Indonesia dengan media foto yang dipadukan dengan elemen adibusana yang kuat. Saya berharap, meskipun di era sekarang sudah penuh dengan modernisasi, masyarakat dapat terpicu untuk mengenal budaya Indonesia dan melestarikannya,” ungkap Rio Motret, konseptor pameran foto Alkisah.

Berita Terkait

Leave a Comment