26.1 C
Tangerang Selatan
Senin, 5 Desember 2022
Serpong Update
EDUCATION

Cetak Peneliti Muda, UMN dan CYS Gelar Lomba Peneliti Belia Se-Banten

Serpongupdate.com – Fakultas Teknik dan Informatika UMN bersama Center for Young Scientists menggelar Lomba Peneliti Belia di tingkat Provinsi Banten pada 25 – 26 Oktober 2022.

Lomba yang diikuti oleh pelajar sekolah menengah dan sederajat ini menjadi bentuk komitmen UMN terhadap keberlangsungan penelitian di Indonesia.

Rektor Universitas Multimedia Nusantara Dr. Ninok Leksono pun mengungkapkan kompetisi ini dapat menjadi langkah awal menjawab berbagai kebutuhan di Indonesia.
“Riset itu tetap dilakukan. Carilah riset-riset yang relevan dengan kebutuhan atau keberlanjutan perekonomian di Indonesia,” pesan Ninok.

Bersamaan itu Dekan Fakultas Teknik dan Informatika Universitas Multimedia Nusantara, Dr. Eng. Niki Prastomo, S.T., M.Sc. yang juga selaku ketua juri LPB Banten 2022 mengatakan penelitian ini dapat mengasah empati generasi muda terhadap permasalahan di sekitarnya. Kompetisi penelitian ini akhirnya membentuk nilai berharga bagi para penerus bangsa.

Tak hanya itu, Niki juga menyebut banyak keterampilan yang bisa didapat melalui kegiatan penelitian. Mulai dari cara berpikir kreatif hingga kritis.

“Refleksi diri juga mungkin terlatih, ya. Ketika kita melakukan penelitian, teman-teman di sini bisa melihat sebuah tantangan,” lanjut Niki yang juga menjabat sebagai Dekan Fakultas Teknik dan Informatika UMN.

Lomba Peneliti Belia (LPB) merupakan kompetisi penelitian yang berjenjang, mulai dari tingkat regional hingga ke tingkat internasional. LPB di tingkat daerah ini telah dilaksanakan di 15 provinsi di Indonesia, salah satunya di Banten.

Direktur Center for Young Scientists Monika Raharti berharap ajang ini menjadi tempat bagi peneliti muda terbaik di Indonesia. Ia mengatakan, “Mudah-mudahan lomba ini menjadi wadah bagi sekolah-sekolah, khususnya di Banten untuk mengekspresikan hasil-hasil karya ilmiahnya.”

Monika juga menegaskan rasa bangga terhadap semua peserta LPB Banten 2022 yang telah sampai di tahap ini, meski tak menorehkan kemenangan. Menurutnya, mereka semua adalah “pemenang” karena telah berhasil menyelesaikan riset hingga ke proses paling akhir.

Selanjutnya, juara dari LPB Banten 2022 akan diikutsertakan di tingkat nasional, yakni LPB Nasional 2022. Seleksi tim nasional pun akan dilaksanakan untuk lomba penelitian di tingkat internasional, antara lain International Conference of Young Scientist 2023, Asia Pacific Conference of Young Scientist 2023, dan International Conference for Young Social Scientist 2023.

Berikut daftar pemenang LPB Banten 2022 Bidang Fisika :

Juara 1: Edsel Rayendra Putra Arifin dan Arian Djuned Pusponegoro dari SMA Santa Laurensia tentang “Modifikasi Transparansi Grid Mesin Pendorong Ion NSTAR untuk Memaksimalkan Impuls Spesifik”.

Juara 2: Malvin Marthen Manaruri dan Adzan Fathier Putra Lukman dari SMA GenIUS tentang “U-Watch: Pengembangan Jam Tangan Uv sebagai Pengingat Bahaya Radiasi Sinar Uv”.

Juara 3: Alyssa Astari dan Jesslyn Graciella Congnardy dari SMP Santa Laurensia tentang “Perbandingan Kulit Udang dan Jagung sebagai Biodegradable Food Wrapper”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Komputer :

Juara 1: oleh Rifqi Ahmad Farikh dan Ardhan Ghazi Muzzafar dari SMA Al Fityan School Tangerang tentang “Konstruksi Alat Pendeteksi Suhu Berbasis Internet Of Things (IOT)”.

Juara 2: Nicolas Acto Rian Rakadamar dan Hieronimus Tetra Winsu Harjana dari SMP Tarakanita Gading Serpong tentang “Pemanfaatan Minecraft Berbasis Website Ip Public Server Sebagai Taman Belajar Virtual”.

Juara 3: Carlos Jeffrin Joshua Worabai dari SMA GenIUS tentang “Prediksi Pasien Cadiovascular Diseases (Cvd) Menggunakan Model Regresi Logistik”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Matematika :

Juara 1: Jason Mikael Dihardja dan Nathanael Tristan Alfian dari SMA Tarakanita Gading Serpong tentang “Penggunaan Aplikasi Kotlin dalam Menganalisis Keuntungan UMKM di Ruko 6-7a Gading Serpong”.

Juara 2 dan Best Poster: Moch. Taufiq dan Ali Sabatan Kano dari SMAN 23 Kabupaten Tangerang tentang “Generalisasi dari Pola Matematika Sederhana pada Permainan Spot It”.

Juara 3: Muhammad Arrizky Adhita Azizi dan Muhammad Al Rasyid Supanto dari SMA Al Fityan School Tangerang tentang “Analisis Regresi Linier Berganda dalam Estimasi Prestasi Belajar Peserta Didik di SMA Al-Fityan School Tangerang”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Ilmu Hayati :

Juara 1: Alfredo Austin dan Jacklyn Hermione Colyson dari SMA Santa Laurensia tentang “Potensi Biodiversitas Indonesia sebagai Kandidat Agen Inhibitor DJ-1(PARK7) untuk Pengobatan Penyakit Parkinson dengan Metode In Silico”.

Juara 2: Richard Christophorus Kurniawan dan Eugenia Joey Lim dari SMA Santa Laurensia tentang “Potensi Eco-Enzyme Diperkaya Ekstrak Kemangi sebagai Antibakteri E. Coli dalam Sediaan Sabun”.

Juara 3: Renault Tjandera dan Gabriella Isabelle Sulaiman dari SMP Santa Laurensia tentang “Efektivitas Ekstrak Daun Bintaro (Cerbera Manghas) sebagai Bioinsektisida Semut Rangrang (Oecophylla Smaragdina)”.

Juara Harapan: Austin Thanur dan Nadia Christy Li dari SMP Santa Laurensia tentang “Pengaruh Kombinasi Ekstrak Biji Bengkuang (Pachyrhizus Erosus L.) dan Cairan Asap Tempurung Kelapa sebagai Insektisida Nabati terhadap Mortalitas Rayap Tanah (Isoptera)”.

Best Poster: Natalya Rofelin Limahelu dari SMP GenIUS tentang “Reatea (Clitorea Ternatea) Cosmetic Series Formulasi dan Analisis Bioaktivitas Facial Wash Bunga Telang”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Lingkungan :

Juara 1: Dhavina Priskila Tjahjadi dan Gabrielle Rochellin Susanto dari SMA Santa Laurensia tentang “Potensi Mucilage Tanaman Bayam Malabar (Basella Alba) sebagai Hydrogel Penyaring Terhadap Microbeads dan Ion Fe2+”.

Juara 2: Rafael Patrick Suhandinata dan Monique Aurelia dari SMA Santa Laurensia tentang “Potensi Penggunaan Eco-Enzim Diperkaya dengan Chrysopogon Zizanioides sebagai Agen Penurun Ion Timbal (Pb2+)”.

Juara 3: Joanna Faleshia dan Patrisia Tanwijaya dari SMA Tarakanita Citra Raya tentang “Pemanfaatan Ekstrak Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L.) dan Eco Enzyme sebagai Bahan Baku Deterjen Cair”.

Juara Harapan: Christian Nathanael dan Sarah Harnos dari SMAS Stella Maris BSD tentang “Pemanfaatan Limbah Kulit Nanas, Kulit Pisang, dan Kulit Buah Naga sebagai Energi Alterantif Bioetanol”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Sosiologi ;

Juara 1: Nadine Angelina Arianto dan Melody Annabelle Chaidrata dari SMA Santa Laurensia tentang “Kebutuhan Validasi Konten Media Sosial terhadap Perubahan Tingkat Stress dan Anxiety di Kalangan Remaja Tangerang Selatan”.

Juara 2: Gresia Claudia Chintya dan Anastasya Callula Caltha dari SMA Tarakanita Citra Raya tentang “Hubungan Stereotip Masyarakat dengan Normalisasi Hustle Culture pada Remaja SMA Tarakanita Citra Raya”.

Juara 3: Candice Audrey Gunawan dan Fransisca Olivia Harsono dari SMA Tarakanita Gading Serpong tentang “Pengaruh Globalisasi pada Media Sosial TikTok terhadap Bahasa Jaksel”.

Daftar Pemenang LPB Banten 2022 Bidang Ekonomi :

Juara 1 dan Best Poster: Cathleen Natasia Setiadi dan Katarina Kezia dari SMA Santa Laurensia tentang “Analisis Eksternalitas Sentra Pengupasan Kulit Kerang Hijau terhadap Kondisi Lingkungan dan Ekonomi Masyarakat di Kampung Nelayan Cilincing”.

Juara 2: Emily Kristiawan dan Regina Carla Neola Setiadi Nio dari SMA Santa Laurensia tentang “Tingkat Literasi Gen-Z di Jabodetabek Mengenai Nft (Non-Fungible Token)”.

Juara 3: Geraldino Yacob Purba dan Samuel Jeremiah Krisna Budiman dari SMA Tarakanita Citra Raya tentang “Dampak Fase Bulan (Moon Phase) dan Mercury Retrograde terhadap Indeks Lq45”. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment