25.8 C
Tangerang Selatan
Kamis, 13 Juni 2024
Serpong Update
CULINARY

Clariant Akan Menampilkan Berbagai Produk Pengering Kontainer di Indonesia Agro Expo

Clariant, perusahaan terkemuka dunia dalam bahan kimia khusus, akan ikut serta dalam acara tahunan Indonesia Agro Expo ke 16 di Jakarta, Indonesia pada tanggal 5-8 Mei 2016. Sebagai pemimpin dalam pasar pengering kontainer, Clariant akan menampilkan produk pengering kontainer Container Dri®II kepada industri pertanian, serta industri makanan dan minuman di keikutsertaan perdana perusahaan pada Agro Expo ini.

Seringkali tumbuh subur di lingkungan yang lembab seperti di Asia Tenggara, Afrika dan Amerika Selatan, komoditas seperti kopi, kakao, rempah-rempah dan teh, biasanya dikirim setelah panen di dalam kontainer atau peti kemas melalui laut ke pasar-pasar utama di seluruh dunia. Selama perjalanan, kelembaban yang tidak terkendali dan pengembunan dalam kontainer dapat dengan mudah merusak kondisi dan kualitas produk. Untuk melindungi produk yang khusus ini dari kerusakan akibat keadaan lembab yang terjadi selama perjalanan panjang, pengering kontainer yang dapat bekerja dengan efektif menjadi sangat penting. 

Container Dri® II desiccants
Produk-produk pengering kontainer milik Clariant, termasuk di dalamnya Container Dri® II, menawarkan perlindungan dari kelembaban yang merusak selama proses pengiriman, dan telah terbukti berhasil dalam pengiriman kopi dan biji kakao, teh dan rempah-rempah serta produk pertanian lainnya.

Bekerja dengan cara menahan embun dalam bentuk gel tebal yang tidak akan tumpah atau bocor selama pengiriman, produk pengering kontainer Container Dri® II secara agresif menyerap uap air hingga tiga kali dari beratnya sendiri dan mengurangi tingkat kelembaban relatif hingga kurang dari 40 persen.  Container Dri® II juga mengurangi efek embun yang dapat menyebabkan “hujan kontainer” yang merusak. Fitur ini sangat berguna terutama saat terdapat ruang yang besar dimana kelembaban harus dihilangkan; tingkat kelembaban yang tinggi muncul karena cuaca, kondisi kargo atau saat dalam penyimpanan; atau jika kontainer tidak tertutup dengan baik, efeknya udara luar masuk dan membuatnya menjadi lembab. Jika digunakan dengan benar, Container Dri® II dapat melindungi kargo dari udara lembab sampai dengan 90 hari atau bahkan lebih.

Lini produk Container Dri® II baru-baru ini diberikan sertifikasi EcoTain®, sebuah pengakuan oleh Clariant terkait produk yang ramah lingkungan dimana sertifikasi ini diberikan setelah melalui penilaian terhadap 36 kriteria terkait tiga aspek keberlanjutan yaitu: sosial, lingkungan dan ekonomi.

Rekomendasi FCC
Sebagai keuntungan tambahan bagi pelanggan di industri penghasil kakao, ragam produk Container Dri® II juga telah memenuhi spesifikasi dari Federasi Perdagangan Kakao (Federation of Cocoa Commerce Ltd. (FCC)) untuk perlindungan biji kakao dalam pengiriman di kontainer, yang mana pengiriman biji kakao tersebut memerlukan kantung pengering kontainer dengan kalsium klorida seperti Container Dri® II, dibandingkan dengan kantung pengering tradisional yang berisi gel silika yang lebih popular di pasar Indonesia namun dianggap tidak terlalu efektif untuk melindungi biji kakao saat pengiriman.

“Kami bangga karena tidak saja kami telah memenuhi rekomendasi FCC untuk sekitar 65% atau lebih untuk pengiriman biji kakao, namun kami juga bisa melebihi rekomendasi tersebut,” demikian dikatakan oleh Menghwee Toh, Head of Sales for Clariant CDP Asia, BL Absorbents, BU Functional Minerals. “Kemampuan kami tersebut terus membuktikan kepada pelanggan kami di industri kakao ataupun bidang pertanian lainnya bahwa produk Container Dri® II Clariant memberikan nilai tambah yang signifikan dan merupakan pilihan paling tepat untuk kebutuhan mereka,” ditambahkan oleh Menghwee. Clariant akan menampilkan lini produk Container Dri® II di Indonesia Agro Expo ke 16 pada tanggal 5-8 Mei 2016 di Jakarta Indonesia Expo. (rls)

Berita Terkait

Leave a Comment