26.1 C
Tangerang Selatan
Senin, 5 Desember 2022
Serpong Update
RELEASE

Di Hari Koperasi Nasional ke-74, Saatnya Koperasi Bertransformasi Modern

Serpongupdate.com  – Pada Hari Koperasi Nasional 2021 tidak ada peringatan khusus, hal ini mengingat kondisi pandemi Covid-19 masih terjadi. Pada peringatan ke-74 ini, koperasi diharapkan bisa bertranformasi ke koperasi modern, demikian dikatakan Kepala Bidang Koperasi Disperindagkopukm Kota Tangerang Abdul Kholil Kurniawan.

Menurut Kholil, sejauh ini koperasi yang ada di Tangerang masih mampu beroperasi ditengah pandemi Covid-19 yang meninggi.

“Umumnya masih beroperasi hanya saja RAT menjadi tertunda maka koperasi diharapkan untuk bertransformasi ke koperasi modern melalui digitalisasi transaksi, laporan keuangan koperasi dan penjualan usaha sektor riil koperasi. Agar transparansi dan akuntabilitas terjaga sehingga meningkatkan kepercayaan  dan memudahkan layanan anggota koperasi hal ini apalagi masa pandemi saat ini,” ujar Kholil, Senin (12/7).

Ia menegaskan bahwa tantangan koperasi saat ini selain perkembangan teknologi juga komitmen dari setiap pengurus koperasi dalam menjalankan roda koperasi. Tentunya jika hal itu diabaikan maka bisa jadi koperasi tidak dapat berjalan optimal dalam upaya mensejahterakan anggotanya.

“Tantangan terberat adalah bagaimana menjaga komitmen untuk sama-sama membangun kebersamaan agar usaha koperasi dapat bertahan dan saling mengedepankan kerjasama antar koperasi sebagai bagian dari prinsip koperasi agar koperasi semakin mandiri ditengah ekonomi yang lesu saat ini,” pungkasnya. (Fjn)

Berita Terkait

Leave a Comment