26.6 C
Tangerang Selatan
Selasa, 15 Juni 2021
Serpong Update
EDUCATION

Di KKN, Mahasiswa UMT Edukasi Pentingnya Vaksin dan Menangkal Berita Hoaks

Serpongupdate.com – Mendukung upaya pemerintah dalam mensosialisasikan pentingnya vaksinasi dan bahaya berita hoaks, mahasiswa Universitas Muhamadiyah Tangerang (UMT) mengadakan penyuluhan di wilayah Kelurahan Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Minggu (28/2). Hadir sebagai pembicara yang berkompeten di bidangnya, dr. Dece Feriyeni dari profesi kedokteran dan Fajrin Raharjo dari profesi jurnalistik.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka praktIk kuliah kerja nyata (KKN) serta menyemarakan hari jadi ke 28 Kota Tangerang diikuti oleh 16 warga Tanah Tinggi.

Ketua pelaksana Dias Kapita Jayanti menuturkan tujuan kegiatan dalam rangka memberikan pemahaman kepada masyarakat akan pentingnya vaksin Covid-19 sehigga dapat memutus mata rantai Covid-19.

Tidak hanya itu, sejak pandemi hingga vaksin saat ini banyak beredar informasi yang hoaks. Untuk itu, masyarakat juga diberikan pemahaman penitngnya menangkal informasi hoaks sehingga tidak terhasut.

“Agar masyarakat mengetahui tentang vaksin Covid-19 yang akan diberikan serta tentang keamanannya, manfaatnya, efek sampingnya dan jenis-jenis vaksinnya. Jika  sudah waktunya vaksin tidak banyak dari masyarakat kita yang menolak karena ketidaktahuannya tentang vaksin,” terang Dias di aula kelurahan tanah tinggi.

Seorang narasumber Fajrin Raharjo menuturkan di era keterbukaan informasi saat ini sangat penting jika pemahaman akan berita hoaks dipahamai masyarakat, dengan begitu masyarakat tidak mudah terhasut berita atau informasi yang menyesatkan.

“Kenali ciri berita hoaks, misalnya berita hoaks itu memiliki kecenderungan provokatif, keberimbangan berita tidak ada. Jangan lupa juga cermati alamat situs,” ujarnya.

Sementara dr. Dece Feriyeni menyampaikan masyarakat jangan takut untuk di vaksin, karena pemerintah sudah memastikan vaksin yang digunakan tidak berbahaya bagi tubuh manusia.

“Bagi masyarakat yang masih ragu bisa mengakses sejumlah media sosial yang dibuat pemerintah sehingga tidak mudah terpapar informasi yang palsu akan vaksin,”  imbuhnya.

Salah seoarng warga, Indah budiyani menuturkan acara yang positif ini sangat informatif bagi warga ditengah derasnya arus informasi yang sulit mengetahui kebenarannya.

“Kami jadi paham berita yang baik seperti apa sehingga kami tidak mudah terhasut informasi palsu atau hoaks,” pungkasnya.  (Fjn)

Berita Terkait

Leave a Comment