banner
poli

Di Masa Pandemi COVID-19, Poli Kulit dan Kelamin RSU Tangsel Buka Setiap Senin dan Jumat

Serpongupdate.com – Selama masa pandemi COVID-19, Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang beralamat di Jalan Pajajaran, Pamulang. Kecamatan. Pamulang, Kota Tangerang Selatan, Banten tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Hal tersebut dibuktikan dengan tetap dibukanya seluruh pelayanan poli yang dibutuhkan masyarakat, seperti pada poli kulit dan kelamin.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin RSU Kota Tangsel, dr. Bimo Aryo Tejo, Sp.KK  mengatakan,  di masa  pandemi  COVID-19, poli kulit dan kelamin tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat, tentunya dengan jadwal berbeda dari biasanya. “Untuk jam praktik, pada Poli Kulit dan Kelamin RSU Tangsel dimulai  pukul 09.00 WIB hingga siang hari,” ujarnya.

poli 1

Seperti diketahui. Selama corona, pasien yang berkunjung ke poli kulit dan kelamin sekitar 11 hingga 20 pasien setiap hari. “Untuk itu, kami membatasi jam buka pelayanan, yakni setiap hari Senin dan Jumat. Biasanya kita buka dari hari Senin sampai Jumat,” ujar dr. Bima di ruang kerjanya, pada Jumat, 10 Juli 2020.

Mendominasi, Pasien dengan Iritasi Kulit Pemakaian Masker

Saat masa pandemi COVID-19  dan di era ‘new normal’,  semua orang yang beraktivitas di luar ruangan diwajibkan untuk memakai masker. Hal tersebut ternyata bisa berdampak negatif atau iritasi pada kondisi kulit kita.

Dokter Bimo mengatakan, pada umumnya mereka (pasien-red) datang dengan keluhan yang berbeda-beda. Namun selama pandemi ini, masalah kulit yang paling sering dikeluhkan adalah efek samping dari pemakaian masker.”Masalah paling banyak itu adalah iritasi kulit karena pemakaian masker,” ucapnya.

Untuk diketahui. Iritasi itu kerap terjadi pada orang yang memakai masker dengan waktu yang lama. “Kalau kulit ditutup lama dengan kondisi lembab, basah, dan keringetan. Tentunya, kuman akan berkumpul, Itu yang bisa menimbulkan iritasi pada kulit. Selain itu, infeksi lainnya juga bisa terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut dr.Bimo menjelaskan,  di masa pandemi ini, dokter atau petugas medis menggunakan masker jauh lebih lama dari profesi lainnya, bahkan masyakarat pada umumnya.Dimana petugas medis sebagai garda terdepan dalam hal kesehatan bisa menggunakan masker sekitar 6-8  jam setiap hari saat bertugas.

poli 2

Hindari Iritasi Kulit, Ini yang Diperhatikan Saat Menggunakan Masker

Jika Anda termasuk orang yang masih harus beraktivitasi di luar dan harus memakai masker selama berjam-jam setiap hari. Ada beberapa faktor yang harus diperhatikan saat menggunakan masker, antara lain :

  1. Masyarakat harus tetap memperhatikan kulitnya saat menggunakan masker, untuk mencegah masalah pada kulit denga pemilihan masker yang digunakan.
  2. Hindari memakai masker dalam kondisi full make up,  itu akan memicu jerawat timbul. Jika ingin memakai masker, sebaiknya jangan pakai make up. Kalau bisa dihindari dulu, untuk lebih aman.
  3. Untuk menghindari masalah kulit adalah dengan melakukan pemeriksaan secara rutin. Jika hal itu terjadi, maka masyarakat dapat memeriksakan kulitnya ke Poli Kulit dan kelamin RSU Tangsel.”Untuk keluhan pada kulit,  Poli Kulit dan Kelamin RSU Tangsel  bisa menjadi pilihan masyarakat,” pungkasnya. (Adv)
Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *