banner
psbb

Di PSBB Ketiga, Tangsel Akan Buat Posko di Sejumlah Tempat Keramaian

Serpongupdate.com –  Perpanjangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) tahap ketiga di Kota Tangerang Selatan (Tangsel), posko pemeriksaan kendaraan (check point) di 7 wilayah Kecamatan di Tangsel, ditiadakan mulai 1 Juni lalu.

“Kami ubah posko-posko pemeriksaan yang sebelumnya berada di ruas jalan, kini akan dialihkan ke sejumlah tempat yang dinilai menjadi pusat keramaian,” jelas Kepala Dinas Perhubungan Tangsel, Purnama Wijaya, Rabu 3 Juni 2020.

Diterangkan dia, peralihan pengawasan pergerakan orang ini, merupakan masa peralihan menuju kebiasaan baru (new normal).

“Jadi tempat-tempat keramaian, seperti tempat moda transportasi, pasar, mal, terminal, kemudian stasiun kereta api. Jadi seperti itu nantinya,” terang Purnama.

Sementara untuk titik penjagaannya, hingga kini Dinas Pehubungan baru memiliki rencana, untuk menempatkan personelnya di 14 titik pusat keramaian yang ada di wilayah Tangsel.

“Kalau yang sudah saya rencanakan, namun belum disampaikan, karena menyangkut keterbatasan anggaran, kita ada 14 titik. Terdiri dari lima stasiun kereta api, lima pasar, dua terminal, yakni Pondok Cabe dan BSD, serta dua pool bus, yakni pool bus Kamatjati dan PPD,” jelas dia.

Maka sementara waktu, Dinas Perhubungan Kota Tangsel, mengaku masih melakukan koordinasi dengan instansi terkait lainnya, seperti Satpol PP, TNI, dan Polri untuk memeprsiapkan kematangan titik pengawasannya, serta persiapan anggarannya.

Diharapkan nantinya, pengawasan masyarakat di pusat keramaian oleh petugas gabungan tersebut, sama seperti dengan pengawasan di posko-posko cek poin.

“Sama aja. Jadi yang diwajibkan bagi masyarakat, ke manapun harus pakai masker, jaga jarak, dan pihak mal atau tempat lainnya wajib menyediakan hand sanitizer dan pemeriksa suhu tubuh. Selain itu kapasitas dalam sebuah tempat keramaian juga harus dikurangi 50 persen. Umpanya tempat makan mampu menampung 50, kini harus setengahnya. Gak bisa kaya dulu lagi,” jelas Purnama. (Han)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *