banner
20190626_161643

Dialog Tentang Evaluasi Pemilu 2019, Penyelenggara dan Peserta Cukup Puas

Serpongupdate.com – Pelaksanaan Pemilu 2019 di Tangerang Selatan (Tangsel) secara umum berjalan aman dan lancar namun diakui memang masih ada kekurangan dibeberapa titik. Hal ini terungkap dalam Dialog Terbuka Tangsel Bicara dengan tema “Evaluasi Pemilu 2019 Untuk Menuju Pilkada Tangsel 2020″, yang merupakan hasil kerjasama Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Tangsel dan Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Tangsel.

“Secara umum pelaksanaan Pemilu 2019 berjalan lancar dan aman. Memang ada protes dari Partai Politik terutama berkaitan dengan DPT. Namun segala sesuatunya bisa diselesaikan dengan baik.Persoalan juga ada saat distribusi serta penanganan Logistik Pemilu 2019 yang waktunya sangat mepet sehingga KPU perlu bergerak secara cepat,” papar Ketua KPU Tangsel Bambang Dwitoro yang menjadi pembicara Dialog Terbuka di Kampung Anggrek, Serpong, Tangsel, Rabu (26/06).

Sementara itu dalam hal pengawasan Pemilu, Ketua Bawaslu Tangsel Muhammad Acep menyayangkan masih kurangnya kesadaran masyarakat dalam membantu pengawasan Pemilu.

“Masih kurangnya pengawasan dari masyarakat dalam Pemilu 2019 ini sehingga harapan kedepannya terutama dalam Pilkada Tangsel nanti masyarakat ikut berperan dalam pengawasan, mata kami sangat terbatas dan tidak bisa mengawasi seluruh wilayah, untuk itu diperlukan bantuan masyarakat,” ujar Acep.

Para peserta Pemilu 2019 yang merupakan Partai Politik juga ikut mengapresiasi pelaksanaan Pemilu yang berlangsung baik namun dengan catatan dibeberapa hal.

“Dalam Pelaksanaan Pemilu 2019 evaluasi yang harus segera dibenahi adalah persoalan DPT. Diakui memang permasalahan DPT ini menjadi permasalahan klasik yang timbul dalam setiap pesta demokrasi. Persoalan DPT ini harus segera dibenahi dalam Pilkada Tangsel agar tidak menganggu jalannya Pilkada Tangsel nanti,” terang Yudi Budi Wibowo yang merupakan Sekretaris DPC Partai Gerindra Tangsel.

Hal yang sama diutarakan Ketua DPC PDI Perjuangan Tangsel Heri Gagarin.

Menurutnya Pelaksanaan Pemilu 2019 secara umum berjalan cukup baik.”Dari segi penyelenggara maupun dari sisi peserta. Meskipun ada beberapa kekurangan namun masih dapat diterima. Tingkat Partisipasi masyarakat juga cukup baik. Sehingga tugas dari Penyelenggara Pemilu yaitu KPU dan Bawaslu untuk bisa mempertahankan ini,” harap Gege panggilan karibnya.

Sementara itu Sekretaris DPD Partai Golkar Tangsel Abdul Rosyid menyoroti  kesadaran masyarakat untuk memilih dan berperan dalam politik yang sudah cukup baik. Hal ini dibuktikan dengan tingkat partisipasi yang cukup tinggi.”Independensi para penyelenggara Pemilu 2019 seperti Bawaslu dan KPU juga cukup baik sehingga penyelenggaraannya juga aman lancar. Kami sangat menghargai hal ini,” ucapnya.

Diakhir sesi, Pengamat Politik Nasional Ray Rangkuti mengangkat soal partisipasi masyarakat cukup baik.”Bisa saja peningkatan partisipasi masyarakat dikarenakan suhu politik yang memanas khususnya di Pemilu Presiden. Untuk itu kepada KPU Tangsel untuk bekerja keras dalam upaya mempertahankan tingkat Partisipasi Pemilih yang sudah cukup baik di Pemilu 2019,” pungkasnya (Nto).

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *