banner
bank sampah

DiKelola dengan Baik, Sampah Bisa Bernilai Ekonomis

Serpongupdate.com – Walikota Tangerang Selatan [Tangsel] Airin Rachmi Diany meresmikan Bank Sampah Berkah Berseri di RW 023, Kelurahan Benda Baru, Kecamatan Pamulang pada Minggu, 17 Maret 2019.

Menurut Walikota jika sampah dikelola baik bisa memberikan nilai ekonomis bagi masyarakat. Namun, hal tersebut membutuhkan kesabaran.”Baru di RW 23, Kelrahan Benda Baru, pengurus bank sampah semuanya perempuan. Semangat ya bu,” katanya.

Kata Walikota, sampah bukanlah hal yang menyenangkan. Selain bau juga dekat rentan terhadap penyakit. Namun sebaliknya, jika dikelola dengan baik bisa bermanfaatkan dan menhasilkan nilai ekonomi masyarakat.”Butuh kesabaran bu. Mulai dari mengumpulkan, pemilahan dan pemilihan, penghitungan sampah hingga bisa mengajak masyarakat lain untuk kelola sampah dengan baik. Dibalik semua itu pasti ada hasilnya bu,” ucapnya.

Walikota menjelaskan, di Kota Tangsel sudah ada beberapa bank sampah yang berhasil mengelola dengan baik. Dan itu menjadi motivasi bagi masyarakat lain. Bahkan, ada juga bank sampah yang sudah mempunyai tabungan sampah.”Tabungan ini biasanya diambil pada saat menjelang Hari Raya Idul Fitri dan anak masuk sekolah. Nilainya ada yang mencapai puluhan juta rupiah,” ujarnya.

Selain itu, sambung Walikota keberadaan bank sampah membantu Pemkot Tangsel untuk mengatasi persoalan sampah.”Bank sampah bisa mengurangi sampah ke TPA Cipeucang.  Selain itu, pemkot juga sudah merancang pembangunan tenaga listrik tenaga sampah,” pungkasnya. [rls]

 

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *