25.5 C
Tangerang Selatan
Rabu, 28 Juli 2021
Serpong Update
RELEASE

Dinas PUPR Kota Tangerang Bangun Turap 500 Meter di Periuk

Serpongupdate.com – Mengantisipasi luapan air kali ledug yang biasanya membuat banjir pemukiman di perumahan total persada dan Grand Duta, Kecamatan Periuk, Pemkot Tangerang saat ini melanjutkan pembangunan tanggul tahap I sepanjang 500 meter.

Mursiman Kepala Bidang SDA Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Tangerang menjelaskan pembangunan tanggul yang berfungsi sebagai penyekat antara kali ledug dan lingkungan menjadi dua bagian pengerjaan di tahun 2021.

Sebelumnya, tanggul sisi barat yang sudah dibangun sejak 2019 telah rampung sekitar 400 meter dan akan dirampungkan juga di tahun ini.

“Pembangunan tanggul di sisi timur sepanjang 500 meter nyambung sampai ke jembatan alamanda. Nanti yang satu lagi dari proses lelang dari jembatan alamanda sampai ke hulu arah grand duta,”ujar Mursiman, Selasa (22/6)

Pembangunan dimulai  3 Mei dan ditargetkan selesai 3 oktober 2021Menurut mursiman banjir yang biasanya terjadi di kawasan tersebut berasal dari dua sungai, ledug dan cirarab.

“Pertemuan kali ini lah yang menyebabkan banjir. Jika kali ledug airnya gak bisa ngalir ke cirarab karena tinggi artinya kan harus dipompa, jadi gak ada tanggul, jadi banjirlah di lingkungan itu. Insyallah tahun ini turapnya selesai, tinggal nanti ditambah pompa-pompa yang berfungsi untuk mengalirkan arus dilingkungan setempat ke kali ledug,”katanya.

Pihaknya optimis dengan selesainya pembangunan tanggul tersebut maka dampak banjir bisa diantisipasi hingga turun lima puluh persen di musim banjir. (Fjn)

Berita Terkait

Leave a Comment