banner
dinkes tangsel

Dinkes Tangsel Ajak Masyarakat Cerdas Gunakan Obat

SETU, Seiring dengan banyaknya masyarakat yang masih kurang memahami aturan penggunaan obat-obat khususnya pada saat sakit, Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel) melakukan sosialisasi Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GEMA CERMAT) bertempat di Aula Kecamatan Setu, Rabu (16/5).

Sosialisasi ini diikuti oleh kader kesehatan, apoteker, tenaga kesehatan, farmasi, dan Tenaga Teknis Kefarmasian (TTK).

dinkes 1

Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel Suhara Manullang, menjelaskan, berdasarkan hasil riset kesehatan dasar (Riskesdas) pada 2013 menunjukan bahwa 35,2 % rumah tangga menyimpan obat untuk swamedikasi. Dari 35,2% rumah tangga yang menyimpang obat 35,7% diantaranya menyimpan obat keras dan 27,8% diantaranya 86,1 % antibiotik diperoleh tanpa resep.

Kurangnya pemahaman masyarakat dan informasi dari tenaga kesehatan, menyebabkan masyarakat menggunakan antibiotik tanpa supervisi tenaga kesehatan. Persepsi yang salah pada masyarakat dan banyaknya masyarakat yang membeli antibiotik secara bebas tanpa resep dokter memicu terjadinya masalah resistensi antibiotik.

dinkes

Kurangnya pengetahuan atau pemahaman cara penggunaan obat bebas secara berlebihan (over dosis), kejadian efek samping, interaksi obat atau penyalahgunaan obat, seringkali terjadi pada masyarakat dan dapat menyebabkan masalah kesehatan baru.

Mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman, dan keterampilan pada masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar merupakan upaya yang harus dilakukan pemerintah dan masyarakat secara bersama-sama.

dinkes 2

“Melalui Gema Cermat yang digagas Kementerian Kesehatan RI Tahun 2015, diharapkan penggunaan obat secara rasional oleh masyarakat dapat tercapai,” ungkapnya.

Gema Cermat bertujuan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menggunakan obat dengan benar, meningkatkan kemandirian dan perubahan prilaku masyarakat dalam memilih dan menggunakan obat secara benar, dan akhirnya akan meningkatkan penggunaan obat secara rasional, termasuk antibiotik.

Pembekalan Gema Cermat dilakukan oleh Dinkes Tangsel bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Pengurus Cabang Kota Tangsel. Sosialisasi ini diharapkan agar TTK berperan aktif sebagai motivator, edukator dan agen perubahan dalam penggunaan obat yang baik dan benar.

Kepala Seksi Farmasi, Alkes, dan Obat Publik,dan pengawas pangan, Indra Gunawan, menjelaskan, tujuan dari sosialisasi GEMA CERMAT ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang penggunaan obat yang benar dan Meningkatnya pengetahuan masyarakat tentang penggunaan obat secara rasional.

Gerakan ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar. Selain itu juga meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar dan meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

Sementara Ketua IAI Tangsel Dany Kurniawan, berharap masyarakat untuk lebih peduli dalam penggunaan obat dengan bertanya lima O, yakni Obat ini apa nama dan kandungannya, Obat ini apa khasiatnya, Obat ini berapa dosisnya, Obat ini bagaimana cara menggunakannya dan Obat ini apa efek sampingnya. “Masyarakat wajib bertanya kepada apoteker akan obat yang didapat,” singkatnya. (adv)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *