28 C
Tangerang Selatan
Jumat, 3 Februari 2023
Serpong Update
TEKNO

Dosen UMN Sosialisasikan Aplikasi Maggot Finance Kepada Masyarakat

Serpongupdate.com – Pada tanggal 21 Desember 2022 Universitas Multimedia Nusantara bersama Kecamatan Sepatan Timur Kabupaten Tangerang mengadakan Program Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Pengenalan Aplikasi MagFin (Maggot Finance). Acara ini dihadiri oleh Aparat pemerintah Kecamatan Sepatan Timur, Kepala Biro Pengabdian Kepada Masyarakat LPPM – UMN Andy Firmansyah, S.I.Kom, M.M, Tim Dosen dari Universitas Multimedia Nusantara, Tim Dosen ini diketuai oleh Angga Aditya Permana, S.Kom., M.Kom. bersama timnya yaitu Adhi Kusnadi, S.T., M.Si. Yaman Khaeruzzaman, B.Sc., M.Sc. Wirawan Istiono, S.Kom., M.Kom., Alexander Waworuntu, S.Kom., M.T.I.

Sampah merupakan masalah yang sangat serius jika tidak dapat dikelola dengan baik, salah satu cara mengelola sampah khususnya sampah organik dengan cara melakukan biokonversi menggunakan larva dari Black Soldier Fly (BSF) atau dikenal dengan maggot, maggot sangat banyak manfaatnya salah satunya adalah sebagai pakan ternak seperti ayam, bebek, burung, dan ikan, kotoran dari maggot disebut sebagai bekas maggot (kasgot) itu juga dapat dimanfaatkan sebagai pupuk tanaman.

Program Bupati Kabupaten Tangerang yaitu biokonversi menggunakan maggot untuk semua sampak organik sudah mulai dilaksanakan oleh salah satu daerah di Kabupaten Tangerang yaitu kecamatan sepatan timur, tepatnya di kampung TEMPE, Desa Jatimulya yang dipelopori oleh Komunitas Maggot Tangerang (Kammagota).

Saat ini budidaya maggot sudah berjalan baik pada lingkungan kampung TEMPE, tetapi terdapat kendala pada saat melakukan pencatatan transaksi pembelian dan penjualan maggot yaitu masih menggunakan buku catatan sehingga sangat sulit untuk dilakukan rekap laporan, oleh karena itu pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan untuk dapat mengatasi permasalahan hal tersebut, agar pengelolaan keuangan dari Kammagota dapat tersimpan dengan baik dan rapi serta dapat dilihat secara real time.

Berdasarkan permasalahan tersebut, Dosen Universitas Multimedia Nusantara tergerak untuk melakukan Pengabdian Kepada Masyarakat untuk mempermudah transaksi.   Program yang digagas dalam prakarsa untuk Kabupaten Tangerang ini adalah “Penerapan budidaya maggot dan bank sampah sebagai inovasi & solusi permasalahan sampah, pakan ternak, dan pupuk pertanian dalam konsep peternakan terpadu.” Program ini adalah penerapan solusi dan kegiatan yang berkaitan dengan ketiga bidang tersebut dalam satu lokasi.

Tujuan dan manfaat dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diharapkan dapat membantu mewujudkan program unggulan Bupati Kabupaten Tangerang dan khususnya dapat memberikan aplikasi tepat guna yang sangat bermanfaat dalam mengelola pelaporan keuangan kammagota dan warga kampung tempe kecamatan sepatan timur yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun menggunakan smartphone berbasis android dan mewujudkan administrasi pelaporan keuangan yang tertib sehingga seluruh data dan transaksi dapat disimpan dengan sangat baik dan dapat digunakan kapanpun dibutuhkan. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment