26.8 C
Tangerang Selatan
Senin, 15 April 2024
Serpong Update
HUKUM

Dua Pembobol ATM Diringkus Resmob Polda Metro Jaya

Dua pelaku pembobol ATM dan kartu kredit dengan metoda skimming, berhasil diringkus Subdit Resmob Polda Metro Jaya, Rabu, 17 Agustus 2016, di dua kota berbeda di Jawa Timur.

Kasubdit Resmob Polda Metro Jaya, AKBP Budi Hermanto, mengaku timnya berhasil menangkap dua pelaku berinisial AYS dan RH di dua tempat berbeda.

“Senin malam menangkap satu orang berinisial AYS di Sidoarjo dan Rabu dini hari mengamankan RH di Malang, Jawa Timur,” tandasnya, Rabu (17/8/2016), di pintu 4 terminal 3 Bandara Soekarno Hatta.

Dua pelaku yang diterbangkan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA311 dari Surabaya pukul 10.10 WIB. tiba di Terminal 3 Soekarno Hatta pukul 12.00 WIB. Dengan pengawalan ketat tim Resmob dan Polisi Bandara. Kedua pelaku datang mengenakan baju oranye tahanan Polda Metro Jaya dengan tangan terborgol.

Diterangkan Budi Hermanto, dari hasil interograsi awal pihaknya, kedua pelaku mengakui kegiatan penggandaan ATM dan kartu kredit yang dilakukan keduanya berlangsung sejak tahun 2013 lalu.

“Dari hasil interogasi  awal, kami dalami bahwa kegiatan skimming dua tersangka ini dari 2013, salah satu tersangka residivis yang sudah ditahan di polda Jawa Timur dan baru keluar bulan mei kemarin,” bilangnya.

Lebih jauh Budi terangkan, metoda skiming adalah cara menggandakan identitas pemilik ATM/ Kartu Kredit dengan cara diinjekan pada suatu mesin.

“Bagaimana menggandakan identitas si pemilik ATM ataupun kartu kredit, lalu diinjek disuatu mesin ATM untuk dibuat duplikasinya,” kata Dia.(Han)

 

Berita Terkait

Leave a Comment