banner
asmopss

Enam Negara Ikut Ambil Bagian di Ajang ASMOPSS ke-9 di Tangerang

Serpongupdate.com –  Asian Science & Mathematics Olympiad for Primary and Secondary School (lomba sains dan matematika tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama kawasan Asia (ASMOPSS) ke-9 digelar kembali di Indonesia oleh Surya Institute, pada 15-19 November 2019, di ARA Hotel, Tangerang, Indonesia.

Ajang bergengsi lomba sains dan matematika tingkat Sekolah Dasar dan Menengah Pertama kawasan Asia tersebut diselenggarakan dengan melakukan seleksi siswa secara nasional di tiap-tiap negara peserta. Hal ini juga menunjukkan bahwa para pendidik di negara-negara peserta juga memiliki concern yang sama.

Pendiri ASMOPSS, Prof Yohanes Surya, Ph.D mengatakan ASMOPSS ditujukan untuk bisa menjadi salahsatu dari sekian banyak kompetisi yang dapat mendorong banyak siswa khususnya siswa Sekolah Dasar dan Menengah Pertama untuk mengeksplorasi tanpa batas dan dapat menemukan minat yang dimilikinya dalam suasana yang menyenangkan.

“Para peserta sekaligus dapat memperluas jaringan pertemanan di antara mereka, sehingga dengan semangat dalam penelitian ilmiah yang dimiliki dapat bahkan berkolaborasi untuk memberikan kontribusi bagi kemajuan teknologi di Asia dan dunia,” katanya, Sabtu (16/11/2019).

asmop

Sejak pertama diselenggarakan, keunikan ASMOPSS menurut Yohanes selain soal yang bersifat individu untuk masing-masing bidang studi, Matematika dan Sains, ada juga soal eksplorasi & eksperimen yang harus dikerjakan oleh tim, mencakup soal Matematika, Sains dan soal investigasi yang merupakan gabungan Matematika dan Sains.  ASMOPSS selalu memberikan fokus pada teamwork.

“Hal ini terlihat pada soal eksplorasi Matematika maupun eksperimen Sains dan soal investigasi yang mana tim harus merancang langkah eksplorasi/eksperimennya sendiri, dan hanya bisa dikerjakan bersama antar anggota tim,” paparnya.

Jumlah peserta tahun ini mencapai 110 siswa, yang mewakili Filipina, Thailand, Malaysia, tuan rumah Indonesia dan dua negara peserta baru yaitu Vietnam dan Cambodia. Beberapa negara terpaksa membatalkan kehadirannya di ASMOPSS tahun ini, dikarenakan permasalahan ekonomi negaranya maupun masalah internal lainnya.

ASMOPSS ke-9 tahun ini memperoleh dukungan dari banyak pihak seperti KIN, PT Freeport Indonesia, Yayasan Simetri dan beberapa institusi lainnya.

Para pemenang ASMOPSS ke-9 ini akan diumumkan di ARA Hotel Tangerang pada tanggal 18 November 2019, dengan pemenang individu berupa peraih medali-medali emas, perak dan perunggu di masing-masing bidang studi Matematika dan Sains, serta  pemenang tim berupa Best Team, 1st Runner Up dan 2nd Runner Up. (red)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *