banner
rsu 1

Forum OPD RSU, Komitmen Tingkatkan Pelayanan Kesehatan Bagi Masyarakat

Serpongupdate.com – Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) menggelar Forum Organisasi Perangkat Daerah (OPD) RSU, berkomitmen meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan bagi masyarakat di Kota Tangerang Selatan (Tangsel) pada Jumat, 13 Maret 2020.

Hal tersebut menjadi bahasan utama dalam kegiatan yang digelar di Ruang Blandongan Lantai IV Gedung Balai Kota Tangsel yang dihadiri  oleh Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie, dan Anggota DPRD Kota Tangerang Selatan Sukarya.

Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany menerangkan, dengan digelarnya Forum OPD RSU salah satu bentuk untuk melakukan evaluasi program yang belum terlaksana dan selesaikan program yang masuk dalam Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2021 mendatang.   Jika program ini sudah, maka lakukan program yang berkelanjutan.

rsu

Lebih lanjut Airin mengatakan,  dalam usulan masyarakat di Forum OPD RSU biarkan usulan semua masuk, jangan dibatasi. Siapa tahu dapat meningkatkan PAD Tangsel, sehingga Pemkot dapat bantuan tambahan, usulan yang masuk ini bisa dilakukan. “Saat ini,  prioritaskan usulan yang masuk di dalam RPJMD terlebih dahulu, baru yang berkelanjutan,” katanya.

Untuk meningkatnya pelayanan kesehatan, lanjut Airin, saat ini, Pemkot tengah membangun gedung 3 di RSU Tangsel. Tentunya fasilitas akan bertambah dan harus didukung pelayanan yang lebih baik.”Kita siapkan juga pembangunan Rumah Sakit Tipe C di Kelurahan Pakulonan dan Pondok Betung di Kecamatan Pondok Aren. Diharapkan kehadiran rumah sakit ini dapat mengurangi antrian di RSU,” terangnya.

“Untuk gedung tiga RSU, akan diresmikan Desember mendatang, pihaknya sedang mencari dokter dan alat kesehatan untuk mengisi kebutuhan prasarana yang dibutuhkan di Gedung tiga RSU ini. Begitupula dengan pembangunan Puskesmas Tipe C ini masih proses pembangunan.

rsu 2

Wakil Walikota Tangsel, Benyamin Davnie, menerangkan dengan tambahan sarana dan prasarana ini, RSU juga melakukan upaya promotif dan preventif dalam bidang kesehatan. “Terjun langsung ke masyarakat, ajak mereka untuk bersih-bersih, agar lingkungan tetap bersih,” ujarnya.

Sementara Plt Direktur RSU Tangsel Umi Kulsum, mengungkapkan, capaian RPJMD RSU lebih dari 90 persen. Sedangkan untuk rencana penja 2021 RSU Tangsel menganggarkan Rp 198 miliar.

Dengan uraian penyediaan obat dan pengawasan obat, makanan, pembekalan kesehatan targetnya 90 persen, penyediaan fasilitas pelayanan kesehatan untuk UKM dan UKP kewenangan daerah targetnya 100 persen, pengembangan pelayanan kesehatan yakni dengam menargetkan 21 jenis pelayanan. Promosi kesehatan dan pemberdayaan masyarakat dengan persantase pasien yang mengetahui produk pelayanan rumah sakit mencapai 75 persen.

rsu 3

“Kita pun akan menyediakan layanan kesehatan untuk UKM dan UKP rujukan tingkat daerah Kabupaten/Kota dengan target 100 persen, pelayanan dan pendukung BLUD yakni terlaksananya operasional rumah sakit dengan capaian target 100 persen,” terangnya.

Selain peningkatan sarana dan prasarana, kata Umi Kulsum dengan selesainya pembangunan Gedung 3 RSU Tangsel akan menambah sarana dan prasarana rumah sakit, sehingga jenis pelayanan sesuai standar pelayanan rumah sakit  terpenuhi. (ADV)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *