30 C
Tangerang Selatan
Kamis, 4 Maret 2021
Serpong Update
HUKUM

Gelapkan Mobil Kredit, Ratu Fidusia Tangerang Ditangkap

Serpongupdate.com –  Memalsukan dokumen seperti Kartu Keluarga (KK) Kartu Tanda Penduduk (KTP), SIUP dan rekening koran menjadi modus Nadia Pradina alias Dina,28, Ratu Fidusia asal Tangerang, dalam melancarkan aksinya menggelapkan dan mengalihkan hak fidusia kendaraaan mobil yang dia ajukan.

Firdaus dari Andalan Finance,  menerangkan, pihaknya sama sekali tak menaruh curiga terhadap pasangan suami istri yang mengajukan kredit kepemilikan kendaraan mobil Pajero Sport Dakar pada perusahaannya, yang diajukan tahun 2017 lalu itu.“Pertama kami tak curiga, samua dokumen dilengkapi, kami juga survei ke tempat usaha dan tempat tinggal pelaku,” katanya di Mapolres Tangerang Selatan.

Kala itu, pasangan suami istri tersebut, diketahuinya hendak mengajukan kredit kendaraan Pajero Sport Dakar dengan dengan uang down payment sebesar 113 juta rupiah. “Setelah tim survei ke lokasi usaha sebenarnya sempat ragu, karena cicilanya besar mencapai Rp 10 juta dan dia (pelaku) hanya usaha agen air minuman kemasan kecil, apa dia sanggup,” ucap Firdaus.

Namun pelaku tak menyerah, dia juga berusaha meyakinkan perusahaan pembiayaan itu, dengan memperlihatkan rekening koran palsu yang sudah dimanipulasi.“Tempat tinggal pelaku juga kami survei, dia waktu itu menunjukkan tempat tinggal orang tua dan mertuanya. Kami akhirnya meloloskan pengajuan pelaku,” ucap dia.

Setelah mobil pengajuan kredit yang diinginkan keluar dari show room, pelaku kemudian menjual putus mobil tersebut, kepada orang yang tidak dia kenal. “Agar meyakinkan leasing, pelaku memalsukan data ktp, surat keterangan usaha, dan buku tabungan agar permintaan kreditnya dikabulkan.

Kemudian pelaku menjual putus, dengan orang tidak dikenal di media sosial, dan ketemu dijalan. Dengan harga sangat murah, jauh dibawah harga pasar,” terang Kasat Reskrim Polres Tangsel, AKP Alexander. “Saya baru pertemu pertama kali di rumah makan, dan langsung saya tawarkan, jadi saya engga tahu sekarang dimana,” kata Nadia Pradina di Polres Tangsel. (han)

 

Berita Terkait

Leave a Comment