banner
damkar

Hebat, Tangsel Miliki Mobil Damkar Canggih dan Modern Buatan Finlandia

Serpongupdate.com – Pemerintah Kota Tangerang Selatan menambah armada mobil pemadam kebakaran (damkar) terbaru dengan peralatan canggih buatan Finlandia. Mobil Damkar berjenis Bronto Skylift P310 dilengkapi berbagai fasilitas canggih dan modern.

Mobil buatan Finlandia itu langsung diuji coba manuver dan kelebihannya di hadapan Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany yang di hadiri Asisten Daerah (ASDA III ) Teddy Meiyadi ,Kepala Dinas Damkar Tangsel Uci Sanusi , Kepala Bidang Humas Irfan Santoso dan Direktur tim unit Bronto Indonesia Benny di halaman Pemkot Tangsel Jalan Maruga Ciputat Tangsel Jumat 10/01/2019.

Walikota Tangsel dalam sambutannya mengatakan, dengan pesatnya pertambahan penduduk dan pemukiman di Kota Tangsel sehingga berkembangnya pemukiman penduduk baik secara vertikal dan horizontal.”Dengan pertambahan penduduk dan keterbatasan lahan saat ini maka kami mendorong kepada investor untuk tidak lagi membangun secara horizontal namun lebih secara vertikal keatas,” terangnya.

Airin menambahkan dengan adanya gedung gedung tinggi maka untuk meningkatkan kualitas pelayanan pada masyarakat salah satu tugas fungsinya adalah meningkatkan pencegahan dan antisipasi apabila terjadi kebakaran melalui dinas Damkar.

damkar 1

“Kami secara bertahap terus berusaha melengkapi sarana dan prasarana untuk memiliki alat di Dinas Damkar dan alat hanya sebuah sarana kita juga harus lebih meningkatkan sumber daya manusianya itu sendiri salah satunya melakukan pelatihan bersama unit Bronto Indonesia,” paparnya.

Airin juga menjelaskan dengan diadakannya pelatihan bersama tim Bronto ia berharap akan menghasilkan SDM yang profesional.”Kami berharap dengan latihan bersama maka semua akan dapat bekerja secara maximal juga profesional,” tandasnya.

Sementara Kepala Dinas Damkar Kota Tangsel Uci Sanusi usai melakukan latihan mengatakan,  damkar sudah merealisasikan sekaligus uji coba langsung pada kendaraan Finlandia Bronto di depan Walikota dan ini adalah bentuk realisasi setelah  melalui latihan selama 3 hari dari 15 anggota Damkar Tangsel yang dilatih .

“Ada driver merangkap oprator ada helper dan oprator Damkar Tangsel yang sudah di latih begitupun untuk memfungsikan tangga skylift yang membutuhkan dua oprator diatas dan di bawah namun jika ada oprator dibawah tidak membutuhkan oprator diatas begitupun sebaliknya,” paparnya.

Uci menambahkan saat ini unit damkar di tangsel sudah ada 2 unit di masing masing kecamatan.”Saat ini ada 14 mobil damkar dan untuk kedepannya kami akan melakukan peremajaan juga penambahan mobil terutama untuk mobil suplai air,” bebernya.

Ditempat yang sama Direktur Unit Bronto Indonesia Benny juga menjelaskan, mobil seharga 21 miliar rupiah dengan sistem canggih ini baru ada  lima  di Indonesia. “Di Indonesia baru ada lima daerah yang memiliki jenis mobil Bronto skylift buatan Finlandia diantaranya Surabaya, Madiun,  Gresik, DKI Jakarta dan  Kota Tangsel,” jelasnya.

Benny melanjutkan mobil dengan kapasitas mesin 3100 CC, dan memiliki panjang tangga 37 meter mampu berputar 360 derajat .”Selain mampu berputar full 360 derajat mobil damkar ini juga mampu menjangkau secara vertikal dan horizontal dengan kemampuan pompa 4.500 liter permenit,” pungkasnya.  (H3N)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *