26.2 C
Tangerang Selatan
Minggu, 18 April 2021
Serpong Update
Gallery

HPSN 2019, Walikota Airin Ajak Masyarakat Peduli Tanggulangi Sampah Bersama

Serpongupdate.com – Meriahkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) menggelar HPSN 2019 bertempat di Jaletreng Riverpark Taman Kota 2 BSD City

HPSN 2019 dihadiri Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany, Kapolres Tangsel AKBP Ferdy Irawa , Komandan Kodim 0506 Letkol Infanteri Faisol Izuddin, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Toto Sudarto serta anggota pencinta lingkungan Tangsel juga bank sampah  se-Tangsel .

Dalam sambutannya, Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany mengatakan,  HPSN 2019 merupakan bentuk kerjasama antar lembaga dan masyarakat Kota Tangsel juga Polres Tangsel.

“Kita memang sudah mampu menanggulangi sampah namun belum secara maksimal maka dengan diperingatinya hari sampah, kita dapat mengevaluasi dan mengingatkan kita untuk terus peduli terhadap lingkungan di sekitar kita terutama dalam masalah sampah,” terangnya.

Airin juga mengatakan cinta lingkungan, kita mulai dari lingkungan kita sendiri. Di lingkungan Pemkot Tangsel saat ini sudah tidak lagi dan mengurangi penggunaan bahan pelastik terutama minuman mineral. “Saat ini kami di lingkungan pemerintahan sudah menggunakan bahan ramah lingkungan dan masing-masing ASN dihimbau mulai melakukan kebiasaan yang baik yaitu budaya menggunakan tumbler tempat air isi ulang,” terangnya.

Airinpun melanjutkan terkait PLTSA sampah sampai saat ini sedang dilakukan upaya paralel yang pekerjaannya tidak menggunakan APBD namun lebih kepada investasi .”Siapapun untuk menglola sampah akan dilakukan secara  terbuka dengan sistem lelang yang terpenting Sampah dapat diselesaikan dan target pada bulan April dan Mei jadi pada bulan Oktober juga September Sudah ada pemenang lelang” papanya.

Airin juga menghimbau dan berharap agar masyarakat Tangsel dan seluruh elemen dapat menglola sampah dari rumah sendiri ataupun lingkungan.”Terkait pembuangan sampah akhir, Pemkot Tangsel akan membantu dalam menangani pembuangan sampah Cipeucang. Mudah mudahan dengan kebersamaan koloboritas ini sampah Cipeucang akan dapat tertangalungi lebih baik lagi” tandasnya.

Di tempat yang sama Toto Sudarto selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangsel mengatakan, peringatan HPSN pada hari ini mengangkat tema sampah berwawasan lingkungan dengan mengadakan  berbagai rangkaian kegiatan. Antara lain bimtek bank sampah, sedekah bank sampah, talkshow dan sebagainya.

“Dalam penanganan sampah, ada juga para pejuang pengiat sampah yang menghasilkan 21,18 ton sampah bernilai sekira 35 juta rupiah  dan uangnya  di sumbangkan pada bencana tsunami di Provinsi Banten,” terangnya.

Toto juga mengatakan bahwa bank sampah di Kota Tangsel sudah ada di seluruh kecamatan dan akan terus ditingkatkan.  Dalam penangulangan sampah,  di Tangsel sudah mempunyai RW Gaul yang menangani masalah sampah sebagai percontohan di wilayah Tangsel.

“Hasil yang kita harapkan akan terjalin hubungan yang sinergi antara Pemkot Tangsel, pihak swasta juga masyarakat dan para pengelola sampah harus terus berperan aktif dalam mengelola sampah hingga sampah akan tertanggulangi dengan baik. Kami mengajak mari kita kelola sampah mulai dari rumah kita dan lingkungan kita sendiri,” pungkasnya. (H3N)

Berita Terkait

Leave a Comment