30.7 C
Tangerang Selatan
Rabu, 27 Oktober 2021
Serpong Update
COMMUNITY

Ikatan Biker UMN : Biker Para Lelaki

Ikatan Bikers UMN atau disingkat IBU, bukan sapaan untuk seorang mama atau bunda.  Komunitas penunggang motor ini merupakan salah satu dari beberapa Unit Kegiatan Mahasiswa Universitas Nusantara atau UKM UMN yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang.

Awal terbentuk IBU karena para mahasiswa yang suka nongkrong dengan motor dan kemana saja pergi menggunakan sepeda motor. Muhammad Hafizh Gemilang, Humas IBU UMN, saat ditemui di sela-sela acara Malam Expresi Mahasiwa atau disingkat MAXIMA, mengaku komunitas ini terbentuk tidak direncanakan, karena berawal dari mahasiswa UMN yang suka kumpul dan berkendara motor.

Meskipun UKM UMN ini bernamakan IBU, namun tidak ada satu pun dari anggotanya merupakan perempuan. Menurut Hafizh yang juga Mahasiswa Jurusan Jurnalistik angkatan 2014 ini, ingin memberikan image. Meskipun semua biker-nya lelaki, kami tidak suka nongkrong di pinggir jalan dan bebas dari minuman alkohol dan obat terlarang.

“Pokoknya biker kami merupakan pengendara motor  yang sehat dan mengedepankan safety riding untuk semua anggota,” ujarnya yang enggan menerima biker wanita yang kadang menimbulkan masalah dalam komunitas.

Komunitas IBU diresmikan pada tahun 2013 oleh mahasiswa Jurnalistik angkatan 2010. Saat ini anggota Ikatan Bikers UMN berjumlah 71 pengendara. Komunitas motor IBU terbuka bagi seluruh mahasiswa dan alumni UMN.

Sampai saat ini, komunitas biker IBU selalu mengagendakan secara rutin kopi darat dengan sebutan’ Mawar’ atau Malam Warkop yang berlokasi di sekitar SDN Cihuni 2 Tangerang dan turing wajib terutama bagi anggota baru.

Lebih lanjut Hafizh menerangkan, tujuan komunitas ini sendiri untuk menjalin silahturahmi keluarga besar UMN. Uniknya bagi yang tidak punya motor juga bisa gabung di biker IBU. Pada umumnya,  mereka yang gabung,  mempunyai hobi yang sama untuk bersosialisasi dan  turing bareng sambil melakukan kegiatan aksi sosial.

Meskipun baru 3 tahun terbentuk, Komunitas IBU sudah melakukan 2 kali kegiatan sosial di dalam bulan Ramadan berturut-turut dengan buka puasa bersama anak yatim.

Dalam kegiatan MAXIMA yang berlangsung pada hari Jumat, 2 September 2016 yang berlangsung di area parkir UMN. UKM komunitas motor IBU ini membuka pendaftaran bagi mahasiswa baru. Berpenampilan cool bergaya  Mafioso, dilakukan semua anggota biker IBU untuk menarik simpati .

Berita Terkait

Leave a Comment