29 C
Tangerang Selatan
Rabu, 3 Maret 2021
Serpong Update
EDUCATION

Jangan Menunda Kuliah, UMN Tawarkan Beasiswa Bakti Bangsa

Serpongupdate.com – Universitas Multimedia Nusantara (UMN) menawarkan Beasiswa Bakti Bangsa yang bisa dimanfaatkan oleh putra – putri bangsayang saat ini menempuh pendidikan di jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA)/Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) kelas dua belas dan lulus di tahun 2021, agar semangat untuk tidak menunda kuliah dikarenakan dampak dari pandemi.

General Marketing UMN, Arief Setiadi Hernawa mengungkapkan, bahwa pandemi yang sudah berlangsung hampir setahun ini berdampak pada aspek kehidupan dan perekonomian yang berpengaruh terhadap berbagai hal, termasuk keputusan untuk menunda kuliah.

“Meski dalam kondisi begini, pendidikan akan tetap menjadi hal penting dan sebaiknya jangan ditunda,” ungkap Arief.

Dengan tidak menunda kuliah, diharapkan calon mahasiswa akan lebih siap menghadapi industri ketika pandemi selesai nanti. Kondisi yang berdampak pada pembatasan ruang gerak ini sebaiknya dimanfaatkan untuk meningkatkan kemampuan diri agar siap bersaing di era industri 4.0

Adapun beasiswa bakti bangsa yang ditawarkan kampus yang berlokasi di Gading Serpong, Tangerang ini adalah Beasiswa yang dapat diraih melalui jalur beasiswa non tes maupun dengan tes dimana beasiswa yang melalui jalur non tes bisa didapatkan oleh calon mahasiswa yang memiliki latar belakang sebagai berikut: beasiswa untuk mantan Badan Pengurus Harian (BPH) OSIS, beasiswa dari nilai UAS kelas dua belas semester satu, beasiswa prestasi akademik peringkat sepuluh besar umum atau jurusan, beasiswa peringkat lima besar kelas, yang diraih di kelas sebelas semester dua, selain itu beasiswa prestasi non akademik dalam bidang olahraga dan kesenian yang diraih selama di SMA dengan minimal juara tingkat daerah, provinsi, nasional maupun internasional.

“Selain itu  beasiswa anak guru dengan surat keterangan aktif mengajar dan surat pengangkatan guru, beasiswa saudara kandung apabila memiliki saudara kandung yang pernah berkuliah di UMN,” ujar Arief.

Beasiswa yang berikutnya adalah beasiswa melalui tes yang diadakan setiap bulan. Dari tes beasiswa ini, calon mahasiswa mendapat kesempatan untuk meraih beasiswa uang pangkal, beasiswa bebas biaya semester satu hingga bebas biaya selama delapan semester atau masa studi normal khusus untuk beberapa jurusan.

Materi tes beasiswa ini meliputi Matematika, Bahasa Inggris, dan Logika. Ada tambahan tes gambar untuk jurusan DKV dan Film; tambahan tes IPA untuk jurusan Teknik Informatika, Teknik Elektro, Teknik Komputer, dan Teknik Fisika; serta tambahan tes IPS untuk jurusan Sistem Informasi, Akuntansi, Manajemen, Strategic Communication, Jurnalistik dan D3 Perhotelan. Tes dapat diikuti dengan mendaftar melalui pmb.umn.ac.id dan akan dilaksanakan secara daring. Melalui program beasiswa Bakti Bangsa ini, diharapkan calon mahasiswa mendapat kesempatan berkuliah, dengan begitu calon mahasiswa tidak perlu menunda kuliah akibat terdampak pandemi secara ekonomi.

“Pandemi berdampak pada berbagai hal yang menyebabkan sebagian orang kesulitan secara finansial, termasuk untuk berkuliah. Namun, biar bagaimanapun pendidikan adalah hal penting yang sebaiknya tidak ditunda dan jangan sampai terlambat,” ujar Arief berharap calon mahasiswa siap dan sudah memiliki bekal pendidikan ketika kelak pandemi usai dan kondisi yang baru mulai. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment