26.1 C
Tangerang Selatan
Senin, 5 Desember 2022
Serpong Update
AUTOSPORT

Jelajah Jonggol Offroad 2 Sajikan Trek lengkap untuk Offroader

Serpongupdate.com – Setelah sukses dalam penyelenggaraan event Jelajah Jonggol Offroad (JJO) di tahun 2021 yang lalu, Indonesia Baddas Community kembali menggelar event Jelajah Jonggol Offroad seri 2. Event yang digelar mulai hari Kamis-Minggu (27-30/10/2022) ini diselenggarakan di Kawasan Kesatuan Hutan Pemangku Hutan (KPH) Kampung Gunung Karang, Tegal Babi, Desa Sukanegara, Kec. Jonggol, Bogor Jawa Barat.

Untuk peserta tahun ini dibatasi maksimal 100 kendaraan, dan tetap masih menerapkan protokol kesehatan.


Jelajah Jonggol Offroad ini dikenal dengan penyajian trek yang lengkap mulai dari trek bebatuan, lumpur, melintas sungai dan trek naik turun dengan tingkat kesulitan yang memerlukan ketrampilan khusus offroader.

Lengkapnya trek di JJO ini yang menarik perhatian offroader dari berbagai kota di Indonesia, seperti Bandung, Banten, Tasik dan Sumatera. Dominasi peserta masih dari Jabodetabek.

“Sampai hari terakhir penutupan pendaftaran peserta masih banyak yang mendaftar, walau tanggal pelaksanaanya berbarengan dengan event offroad yang lain. Yang istimewa dari JJO tahun ini jumlah trek Country Road (CR) dibikin menjadi 12 CR yang membuat adrenalin peserta tergugah. Pasti seru banget karena sudah masuk musim hujan dipastikan trek akan makin menantang,” jelas M Noer Daud Ketua Panitia JJO 2, Jumat (28/10/2022).

Kegiatan ini melibatkan masyarakat dalam kepanitiaan untuk membantu sebagai marshall di setiap trek.
Kali kedua penyelenggaraan event Jelajah Jonggol Offroad tidak terlepas dari arahan dan bimbingan Indonesia Offroad Federation (IOF) Jakarta sebagai pelindung Indonesia Baddas Community penyelenggara event ini. Mulai dari persiapan hingga pelaksanaan event IOF terus memantau jalannya event.

“Kami terus mendukung dan memberikan support event Jelajah Jonggol Offroad kedua ini, mulai dari persiapan hingga pelaksanaan serta membantu sosialisasi kegiatan ke seluruh club-club offroad di bawah naungan IOF Jakarta,” ujar Iwan Sakri Ketua Pengda IOF Jakarta.

Iwan Sakri menegaskan, kegiatan yang diselenggarakan harus mengutamakan keamanan peserta dan lingkungan serta memberikan manfaat untuk masyarakat sekitar dengan bantuan sosial.

Dalam pelaksanaan event ini panitia Indonesia Baddas Community mengajak dan melibatkan masyarakat sekitar selain itu juga seperti tahun lalu mengadakan kegiatan bakti sosial berupa pemberian dan pembangunan penampungan air bagi warga sekitar sesuai dengan tagline IOF Jakarta Offroad For Humanity.

Belajar dan evaluasi dari suksesnya penyelenggaraan Jelajah Jonggol Offroad pertama di tahun 2021, persiapan dilakukan lebih jauh hari agar tidak terlalu mepet dari jadwal penyelenggaraan event termasuk survey lahan, lokasi scrutenering kendaraan dan pembuatan trek offroad yang akan dilewati peserta. Fion Kamil, Master Trek JJO 2, dipercaya untuk membuat trek yang selanjutnya disuguhkan ke peserta hingga akhir event Minggu (30/10) nanti.

“Pengalaman Jelajah Jonggol Offroad pertama, trek Jonggol ini sangat lengkap mulai bebatuan, lumpur hingga sungai ada semua dan kita sudah siapkan 12 CR untuk seluruh peserta, dan peserta silakan mulai start masuk ke trek setelah lolos scrutenering kendaraan tentu saja dengan timnya,” jelas Fion Kamil.

Peserta dibebaskan untuk memasuki trek pilihannya, selain untuk mengurai antrian kendaraan di belakangnya juga memastikan setiap peserta menjaga kelestarian lingkungan sekitar trek


Penyelenggaraan Jelajah Jonggol Offroad kedua ini sudah memenuhi regulasi yang dikeluarkan oleh Indonesia Offroad Federation (IOF) untuk standar keselamatan baik terhadap manusia maupun lingkungan sesuai moto IOF, Safety No Compromise. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment