26.8 C
Tangerang Selatan
Senin, 15 April 2024
Serpong Update
EDUCATION

Jumat Besok, UMN Lakukan Topping Off Tower 3

Berdasarkan data Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), bangunan memakan 40% energi, 25% air, dan 40% sumber daya di dunia. Hal ini tentu saja harus disikapi dengan baik oleh para developer atau perusahaan di Indonesia yang menggunakan bangunan fisik dalam pengoperasiannya sebab saat ini pemerintah sedang gencar mengampanyekan gerakan hemat energi akibat ketersediaan energi fosil yang kian hari kian menipis.

Universitas Multimedia Nusantara (UMN) sebagai universitas yang peduli akan ketersediaan pasokan energi nasional dalam hal ini ingin memberikan kontribusi bagi Indonesia. Salah satunya adalah melalui pembangunan Tower 3 UMN yang kembali mengusung konsep hemat energi.

Andrey Andoko, Wakil Rektor UMN menjelaskan bahwa pembangunan Tower 3 UMN dibuat sedemikian rupa agar penggunaan energi di dalam bangunan tidak boros.

“Semua arsitektur yang ada dalam Tower 3 ini mendukung agar penggunaan energi menjadi lebih hemat. Tower 3 memiliki banyak ruang terbuka yang menggunakan ventilasi udara alam yang masih sejuk. Dengan demikian, gedung menjadi cukup nyaman digunakan untuk perkuliahan dan bekerja. Penggunaan AC pun dapat dikurangi sehingga energi yang digunakan untuk mendinginkan ruangan bisa berkurang banyak,” kata Andrey saat Ground Breaking Tower 3 UMN pada Februari 2016.

Nantinya gedung baru ini akan memiliki 18 lantai dengan total ketinggian gedung yang mencapai 80 meter dan dapat menampung lebih dari 5 ribu mahasiswa. Selain kelas, akan ada pula beragam fasilitas lain guna menunjang mahasiswa dalam menimba ilmu di UMN. Beberapa fasilitas tersebut antara lain adalah laboratorium untuk Program Studi Teknik Fisika, Teknik Elektro, dan Arsitektur; Lecture Theater yang mampu menampung hingga 500 orang dan sarana olahraga indoor seperti lapangan basket, futsal, dan badminton.

Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, UMN akan melakukan topping off tower 3 pembangunan gedung perkuliahan ke-3 yang akan berlangsung pada hari Jumat, 27 Januari 2017.

Berita Terkait

Leave a Comment