banner
muri

Kementerian Hukum dan Ham RI Akan Bangun LPKA Ramah Anak

Serpongupdate.com –  Kementerian Hukum dan Ham RI menargetkan ada 10 Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) yang akan dibangun di tahun 2018 ini. Pihaknya menargetkan, 14 LPKA yang ada di beberapa provinsi di Indonesia bisa terbangun hingga akhir tahun 2019.

Menteri Hukum dan Ham Yasona H Laoly menerangkan, saat ini baru memiliki 33 LPKA yang ada di beberapa Provinsi di Indonesia, sementara anak pidana yang berada di wilayah yang belum terbangun LPKA ditempatkan di rutan dan lapas.“Yang belum ada LPKA ini kita gabung, tapi terpisah bloknya, kita buat seramah mungkin dengan anak,” kata Yasona, di LPKA Klas I A Tangerang.

Itun Wardatul Hamro, Kabag Program dan Pelaporan Kemenkumham RI menambahkan, pihaknya akan menargetkan penyelesaian pembangunan seluruh LPKA di Indonesia.“Tahun ini 10 yang akan dibangun diantaranya di Medan, Pekanbaru, Jogja, Palangkaraya, Samarinda, Martapura, Palu, AmbonC Manokwari dan Mamuju,” terang Itun.

Sementara 4 LPKA sisanya, ditargetkan akan dibangun pada tahun 2019. Meliputi daerah Bengkulu, Jakarta, Kendari dan Jayapura.“DKI Jakarta ini kami terkendala masalah lahan, lahan disana itu sudah sulit,” katanya.

Dia menegaskan, LPKA yang ada itu, mengusung konsep bangunan ramah anak, yang nyaman dan menyenangkan bagi anak pidana.“Konsep ramah anak yang tidak mencerminkan tidak seperti lapas . Tidak dengan jeruji, ada gambar bunga. Jadi mereka merasa di dalam bukan seperti di penjara, tapi seolah di sekolah,” terang dia.(han)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *