banner
20171018_104007

Kepala Kesbangpol Tangsel : Anggaran Pembinaan Parpol Naik

Serpongupdate.com-Anggaran untuk pembinaan partai politik (parpol) di Tangerang Selatan (Tangsel) saat ini masih dirasakan cukup minim. Parpol mendapat dana pembinaan sebesar Rp. 669 per perolehan suara saat Pemilu 2014 yang lalu‎. Hal ini terungkap dalam kegiatan Sosialisasi Peningkatan dan Pengembangan Kualitas Politik Bagi Lembaga Partai Politik yang digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Kota Tangsel di salah satu Hotel di kawasan Serpong, Tangsel, Rabu (18/10/2017).

Menurut Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Azhar Syamun dirinya meminta dukungan dari partai politik di Tangsel, dimana saat ini masih disusun Perda Bantuan Parpol sebagai payung hukum untuk meningkatkan anggaran bantuan parpol.

“Saat ini parpol mendapatkan bantuan hanya Rp. 669 per perolehan suara. Jumlah itu masih cukup kecil dibanding daerah lain yang sudah mencapai Rp. 2.000 bahkan ada yang Rp. 4.000 per suara,” jelas Azhar.

Menurutnya partai politik merupakan elemen yang sangat penting keberadaannya.

“Partai dapat digunakan sebagai penyalur aspirasi masyarakat. Sehingga penyampaian aspirasi menjadi lebih terakomodir dimasyarakat. Untuk itu diperlukan upaya peningkatan kualitas politik atau organisasi di Tangsel,” terang Azhar.

Dalam kegiatan ini hadir seluruh perwakilan partai politik yang ada di Tangsel, yang saat ini sedang mempersiapkan diri dalam pesta demokrasi Pemilu 2019 mendatang.

Dikesempatan yang sama Komisioner KPU Provinsi Banten Agus Supadmo mengatakan kualitas parpol harus terus ditingkatkan perannya. Untuk saat ini mendaftar sebagai peserta Pemilu 2019 harus menggunakan Sistem Informasi Partai Politik (Sipol).

“Awalnya banyak yang menolak, hal ini disebabkan adanya parpol yang tidak siap menggunakan Sistem Informasi tersebut. Namun nyatanya Sipol sangat memudahkan KPU dalam melakukan verifikasi keanggotaan parpol,” kata Agus Supadmo.

Nantinya, tambah Agus, Sipol ini juga akan bermanfaat dalam penghitungan suara sehingga kedepannya kualitas Pemilu di Indonesia akan semakin meningkat.

“Dengan adanya Sipol kualitas Pemilu dan juga parpol akan semakin baik, sehingga menghasilkan politik yang maju,” tutup Agus. (Nto)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *