banner
bayi

Keren! Sekali Ngurus Berkas Kelahiran Bayi di Tangsel, Dapat 5 Dokumen Kependudukan

Serpongupdate.com -  Bagi Anda warga Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang baru melahirkan anak, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangsel memberikan kemudahan bagi Anda dalam pengurusan dokumen kependudukan.

Kemudahan tersebut yakni berupa pengurusan berkas dokumen kependudukan. Di mana anak tersebut langsung mendapatkan Nomor Induk Kependudukan (NIK), Akta Kelahiran, Kartu Keluarga (KK), Kartu Identitas Anak (KIA), dan KIS/BPJS.

bayi 1

Kepala Disdukcapil Kota Tangsel, Dedi Budiawan, program ini merupakan inovasi baru Disdukcapil, berupa 5in1,yang sebelumnya programnya berupa 3 in1. “Program ini diberikan saat bayi lahir di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangsel, Puskesmas dan Rumah Sakit swasta yang sudah bekerjasama dengan Disdukcapil Tangsel mereka bisa pulang langsung membawa 5 dokumen kependudukan sekaligus, “ungkapnya.

Dedi menjelaskan proses penerbitan dokumen tersebut, saat orangtuanyaya mau lahir, mereka membawa dokumen berupa KK dan KTP, lalu daftar ke petugas yang ada di rumah sakit atau Puskesmas, dan saat mereka dinyatakan pulang, orangtua sudah bisa membawa 5 dokumen kependudukan berupa NIK, KK, Akta Kelahiran, KIA, dan KIS/BPJS.

bayi 3

“Tujuan program ini, agar tertib administrasi kependudukan (adminduk), jadi saat bayi lahir, bayi tersebut sudah sah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) serta memiliki kelengkapan dokumen kependudukan, “katanya.

Dedi menjelaskan, program ini memberikan kemudahan kepada masyarakat Tangsel dan tidak perlu antri ke kelurahan dan kecamatan serta tidak harus mengeluarkan biaya, karena Disdukcapil memberikan kemudahan bagi masyarakat Tangsel.

bayi 2

Kepala Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan pada Disdukcapil, Ernawati, menjelaskan, ada beberapa rumah sakit yang menjalin kerjasama dalam pengurusan 5in1 yakni  RSU Tangsel, Rumah Sakit Permata Pamulang, Rumah Sakit Hermina Serpong, dan Vitalaya. Sedangkan untuk Puskesmas, semua Puskesmas sudah bekerjasama.

“Untuk rumah sakit lainnya, Disdukcapil akan melakukan kerjasama, sehingga nantinya, rumah sakit seluruh Tangsel bisa melaksanakan program 5in1,” ungkapnya. (Adv)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *