25.4 C
Tangerang Selatan
Kamis, 18 April 2024
Serpong Update
EDUCATION

KKN Universitas Muhammadiyah Jakarta di Tangsel

Demi meningkatkan mutu Perkembangan mahasiswa yang kreatif,inovasi, dan berkompeten untuk melakukan pengabdian kepada masyarakat di Kota Tangerang Selatan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta mengadakan acara Pelepasan dan Penerimaan Program Kuliah Kerja Nyata(KKN) ke 17 Kelurahan dari 7 Kecamatan yang ada di Kota Tangerang Selatan pada Rabu,(03/08/2016) di Aula Lantai 4 Pusat Pemerintahan Kota Tangerang Selatan, Maruga-Ciputat.

Acara ini dihadiri oleh Walikota Tangerang Selatan, Hj. Airin Rachmi Diany; Wakil Rektor 2 Universitas Muhammadiyah Jakarta(UMJ), Dr. Haris Sarwoko; Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik UMJ, Endang Sulastry; Kepala BPMPP-KB Kota Tangsel dan beberapa Lurah di 7 Kecamatan di Kota Tangsel serta mahasiswa/i Fakultas FISIP UMJ yang ikut dalam KKN.

Dekan FISIP UMJ, Endang Sulastry mengungkapkan bahwa KKN FISIP di UMJ bukan kali pertama dilakukan di Tangerang Selatan tetapi sudah ketiga kalinya, yang membedakan pada kali ini FISIP UMJ menerjunkan mahasiswa untuk pengabdian kepada masyarakat sebanyak 267  Mahasiswa. Endang melanjutkan bahwa harapannya pada kesempatan selanjutnya fakultas – fakultas lain dapat berintegrasi dalam melakukan program KKN seperti Fakultas Kedokteran, Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Pendidikan sehingga penerjunan mahasiswa semakin bertambah banyak untuk satu angkatan.

Kemudian Endang Sulastry melanjutkan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) memiliki tujuan utama yaitu bagaimana mahasiswa bisa bersosialisasi dan berinteraksi dengan masyarakat, bagaimana bisa mengenali problematika yang ada di masyarakat dan menemukan sosialisasinya. Oleh karena itu, Endang meminta kepada Walikota Tangsel dan para Lurah yang berada di Kelurahan dimana para mahasiswa melakukan KKN untuk diberikan bimbingan kepada mahasiswa tentang pengetahuan nyata dilapangan mengenai proses yang ada dilingkup masyarakat setiap kelurahan di wilayah setempat.

Walikota Tangerang Selatan Hj. Airin Rachmi Diany menyampaikan bahwa pihaknya menyambut baik mahasiswa – mahasiswi Universitas Muhammadiyah Jakarta dalam melakukan kegiatan Kuliah Kerja Nyata di lingkup wilayah Kota Tangsel. Airin melanjutkan bahwa saat ini salah satu program pembangunan yang saat ini sedang dilakukan dalam meningkatkan pembangunan adalah menggunakan konsep kolaborasi yang baik antara seluruh pemangku kepentingan yang ada di Kota Tangerang Selatan baik Pemerintah dengan partisipasi masyarakat secara pribadi dan juga kelompok.

Airin melanjutkan bahwa UMJ merupakan bagian dari Kota Tangerang Selatan. KKN ini merupakan suatu kesempatan yang penting bagi mahasiswa dan mahasiswi FISIP UMJ dalam mengimplementasikan teori – teori yang selama ini sudah dipelajari ke lingkungan praktik yang ada di lingkup masyarakat kota Tangsel.

Berita Terkait

Leave a Comment