26.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 23 Januari 2021
Serpong Update
RELEASE

Komitmen Lahirkan Sarjana Berwawasan dan Miliki Etos Kewirausahaan di Era Digital, ITI Gelar Webinar Pendidikan

Serpongupdate.com – Menjadi perguruan tinggi yang mengedepankan pendidikan teknologi sebagai salah satu bentuk keunggulan bangsa dalam memajukan dan mensejahterakan rakyatnya,  Institut Teknologi Indonesia (ITI) yang berlokasi di Jl. Raya Puspiptek Serpong, Koya Tangerang Selatan berkomitmen untuk melahirkan para lulusan sarjana  yang memiliki wawasan luas dan memiliki etos kewirausahaan.

Dengan berkembangnya era teknologi digital dan teknologi informasi yang berkembang saat ini dan mempengaruhi setiap sendi-sendi kegiatan masyarakat dan industry. Ditambah saat pandemic Covid-19, tak menyurutkan semangat Alumninya untuk terus melakukan yang terbaik menyiapkan SDM-SDM handal dengan melakukan berbagai event.

Sukses dengan Webinar Seri ke 3, para Alumni Kampus ITI bekerja sama dengan Civitas Kampus ITI yang peduli dengan generasi selanjutnya, kembali menggelar Webinar Seri ke 4 dengan mengangkat tema “Nilai-nilai Pendidikan & Keprofesionalan di Era Digital” pada Sabtu Malam, 19 September 2020.

Rektor ITI, Dr Ir. Marzan A Iskandar, IPU dalam sambutanya saat membuka Acara Alumni ITI Webinar Series ke 4 mengutarakan, Kampus ITI berkomitmen menjadikan teknologi digital sebagai materi perkuliahan wajib yang diberikan di setiap program studi betapa pentingnya pengaruh teknologi digital, sehingga selalu ada pengembangan di setiap program studi kedepannya.

“Hal tersebut, kami lakukan dalam menselaraskan implementasinya dan memberikan kesempatan bagi mahasiswa, alumni atau masyarakat yang ingin mengembangkan semangat kewirausahaan berbasis teknologi melalui Pusat Inovasi dan Inkubasi Bisnis (PI2B) yang teleh dimiliki ITI saat ini,” terangnya.

Tidak hanya itu, lanjut Rektor mengatakan, Hal ini sejalan dengan visi ITI menjadi Technoprenuer University berbasis teknologi.

“Bahwa pencapaian ITI, saat ini menduduki peringkat 59 dari 2.316 Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia yang merupakan hasil dari pemeringkatan klusterisasi PT oleh Kemendikbud pada tahun 2020. Ini akan menjadikan ITI sebagai PT yang mampu dan bersaing secara berkualitas dalam menghasilkan sarjana yang teruji, handal dan kompeten,” jelas Rektor.

Acara yang dipandu oleh Ir. Sri Witjaksono W, ST, MM, IPU, AER yang juga sebagai Ketua Ikatan Alumni ITI (IA ITI) ini menampilkan pembicara dari alumni yang kompeten di bidangnya yaitu Prof. Dr. Manlian Ronald. A. Simanjuntak, ST., MT., D.Min, Kaprodi S2 T. Sipil Universitas Pelita Harapan (Alumni Arsitektur ITI 93) dan juga Yudhiansyah Ahmadin, S.T, M.T.I, Founder and CTO PT Focus Integrasi Sistem (Alumni Teknik Informatika 92).

Prof Manlian dalam Materinya menyampaikan, bahwa nilai-nilai pendidikan merupakan dasar dari proses transformasi dari unsur minat, bakat, ketaatan, ketekunan, kedisiplinan, kesetiaan, keterdampakan dan pandangan ke depan (visioner) yang mengarahkan kepada nilai-nilai profesionalisme yang terukur dan teruji oleh pihak yang berwenang memberikan pengakuan baik melalui sertifikasi keprofesian dan kompetensinya.

“Hal ini menjadi penting bahwa daya saing dalam antisipasi dan implementasi era teknologi digital ini terletak pada nilai-nilai profesional yang berbasis pendidikan, pengalaman, membangun jejaring, proses berkelanjutan dan kemampuan visioner,” katanya.

Tidak dapat dipungkiri, kata Prof Manlian, bahwa hal ini tidak sekedar pada kemampuan teknisnya saja akan tetapi juga pada bagaimanakah menempatkan etika profesi yang sudah melekat dan ditanamkan sejak bangku perkuliahan.

Demikian juga pemateri Lainnya, Yudhiansyah Ahmadin, ST, MT menambahkan, bahwa kemampuan hard skill dan soft skill yang dimiliki akan memberikan nilai tambah bagi pengembangan pribadi apabila didasari dengan sikap atau perilaku (attitude) yang baik dan terpola.

“Sehingga bentuk apapun implementasi teknologi digital akan memberikan manfaat dan dampak yang luas bagi masyarakat. Rendahnya kepekaan sosial dan lingkungan akan menjadikan pemanfaatan teknologi menjadi tidak tepat sasaran dan berdampak luas,” tandasnya.

Acara Webinar Seri ke 4 yang diikuti oleh umum, para unsur pimpinan, dosen, alumni dan para mahasiswa ITI ini ditutup oleh Wakil Rektor ITI, Dr Ir Sidik Marsudi.”Bahwa peran dan kontribusi alumni akan sangat membantu dan memberikan dampak terhadap kualitas perguruan tinggi itu sendiri Dan perlu kesinambungan dalam mewujudkannya,” pungkasnya. (Red)

Berita Terkait

Leave a Comment