29 C
Tangerang Selatan
Minggu, 16 Mei 2021
Serpong Update
AUTOSPORT

Korlantas Polri Gandeng IMI Kembangkan Indonesia Safety Driving Center

Serpongupdate.com – Pusat Pendidikan dan pelatihan lalu lintas (Pusdiklantas) Mabes Polri mengembangkan Indonesia Safety Driving Center (ISDC), untuk peningkatan pelatihan, keterampilan dan keselamatan berkendara serta olahraga otomotif di tanah air. Pengembangan fasilitas tersebut, ditandai dengan jalinan kerjasama dengan Ikatan Motor Indonesia (IMI).

Kakorlantas Mabes Polri, Irjen Pol, Istiono menegaskan, jajaran Kepolisian di Pusdiklantas Lemdiklat Polri yang berada di Kecamatan Serpong Utara, Tangerang Selatan itu, telah menyediakan sarana ISDC sebagai pusat pendidikan, pelatihan, keterampilan dalam peningkatan keselamatan berkendara.

Pihaknya, kata Istiono juga melengkapi fasilitas tersebut, dengan tenaga pelatih guna meningkatkan keterampilan serta pengetahuan teknik dalam berkendara.

“Kita manfaatkan ini lahan lebih kurang 11 hektare sama-sama dengan IMI. Kemudian juga berikutnya adalah pertukaran informasi tentang kepelatihan dan perkembangan otomotif dan olahraga otomotif ini,” ucap Kakorlantas Polri Irjen Pol Istiono di Pusdiklantas, Rabu (10/3/2021).

Selain sebagai sarana berlatih dan peningkatan keterampilan keselamatan berkendara, ISDC kata Istiono juga sebagai pusat sosialisasi kepada masyarakat pengguna kendaraan bermotor, untuk selalu tertib dan aman dalam berkendara.

“Kemudian juga kita sama-sama melakukan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas terhadap klub-klub (motor) di Indonesia ini,” ucap dia

Ketua IMI, Bambang Soesatyo dalam sambutannya, menyambut baik kerjasama IMI dengan Korlantas Mabes Polri dalam peningkatan pendidikan, pelatihan dan keselamatan lalu lintas bagi seluruh pengendara.

“Kami berterimakasih dan menyambut baik kerjasama dengan Kakorlantas ini yang melingkupi upaya meningkatkan keselamatan ketertiban dalam berlalu lintas dan kemahiranan atau kecakapan dalam mengemudi,” kata Ketua MPR RI itu.

Bambang juga berharap, agar anak-anak muda di Indonesia bisa mengambil peran dalam bidang otomotif untuk menuju Indonesia emas 2045.

“IMI berharap kerjasama ini bisa meningkatkan kemampuan kita dan silaturahmi kita antar komunitas. Tempat ini akan kita manfaatkan untuk berbagai kegiatan agar anak muda kita, yang jumlahnya cukup besar 68 juta ini bisa mengambil peran dalam mengisi Indonesia emas 2045 yang akan datang,” jelas dia.

Sementara, Kapusdiklantas Kombes Pol Djoni Hendra menerangkan, kalau sarana ISDC bisa dinikmati semua pengguna kendaraan tanpa dipungut biaya. Namun begitu, pemanfaatan sarana di ISDC itu, dilakukan secara komunal dengan melibatkan klub – klub pengendara.

“Masyarkat umum melalui komunitas untuk bisa melakukan safety riding dan driving di ISDC. Agar kita hindari kecelakaan dan ketidaktahuan mengendarai yang baik, disini ada master traniner dan kolaborasi dengan komunitas.  Harus dengan komunitas, kalau individual nanti berbondong ke sini, tidak kondusif. Jadi melalui komunitas, agar lebih rapih,” kata dia. (Han)

Berita Terkait

Leave a Comment