banner
kpu tangsel foto

KPU Tangsel Targetkan 75 Persen Partisipasi di Pilkada 2020

Serpongupdate.com –  Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan, menargetkan capaian pemilih dalam pemilihan umum kepala Daerah (Pilkada) pada 9 Desember 2020 mendatang mencapai 75 persen.

Ketua KPU Kota Tangerang Selatan, Bambang Dwitoro mengaku, Pilkada tahun 2020 ini menjadi tantangan baru bagi penyelenggara Pemilu, hal itu karena, pelaksanaannya dilaksanakan di tengah pandemi

“Selain ancaman tertular Covid-19. Tantangannya, tingkat partisipasi pemilih merosot. Memang ini jadi tantangan kami Pilkada di tengah pandemi, tetapi bukan berarti tanpa modal, meski Pilkada 2015 tingkat partisipasinya rendah tetapi pada Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden sudah mencapai target hingga 80 persen,” ucap Bambang Rabu 15 Juli 2020.

Diungkapkan Bambang, berkaca pada pengalaman pelaksanaan Pilkada tahun 2015 lalu, tingkat partisipasi Pilkada Tangsel, hanya sebesar 57 persen.”Pada Pilkada 2020 ini, kami optimistis dapat mencapai target partisipasi pemilih 75 persen,” ucap dia.

Untuk itu, Bambang mengaku menerapkan sejumlah cara yang dianggap bisa mendongkrak partisipasi pemilih yakni, dengan memaksimalkan kualitas data pemilih dengan penyaringan data.

“Data pemilih ini penting, lantaran menjadi bagian menghitung jumlah pemilih. Sehingga data pemilih ini harus benar-benar berkualitas. Tidak ada lagi data yang orangnya sudah meninggal atau pindah domisili ke luar kota,” ungkap Bambang.

Selain mengandalkan kualitas data pemilih, sosialisasi terus digencarkan melalui media sosial (Medsos), yang diyakini dapat meningkatkan kepedulian dan partisipasi masyarakat untuk datang ke TPS.

“Medsos ini bisa sangat efektif untuk sosialisasi lantaran bisa diakses hingga ke ruang private. Sehingga edukasi dan informasi penerapan protokol kesehatan dalam setiap tahapan penyelenggaraan hingga pelaksanaan pemilihan nanti terus disosialisasikan agar masyarakat merasa aman dan mau datang ke TPS,” jelas Bambang.

Diketahui, Pilkada 2020 akan dilaksanakan 9 Desember mendatang. Saat ini, sedang berjalan tahapan pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih. Sedangkan unguk pendafatran calon dijadwalkan sekira 4-6 September dan penetapan calon akan dilakukan 9 Oktober 2020. (Han)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *