banner
20171012_095551

KPU Targetkan Partisipasi Pemilih Pemilu 2019 Sekitar 77 Persen

Serpongupdate.com-Pelaksanaan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 memang masih sekitar 1 tahun kedepan, namun sosialisasi maupun tahapan sudah mulai dilakukan sejak sekarang.

Saat ini Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang Selatan (Tangsel) sudah membuka penerimaan berkas verifikasi bagi Partai Politik yang ingin bertarung dalam pesta demokrasi terbesar di Indonesia ini.

Seperti dikatakan Ketua KPU Kota Tangsel Mohammad Subhan saat menggelar Sosialisasi Regulasi dan Tahapan Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 di Hotel Santika, Serpong, Tangsel, Kamis (12/10/2017), bahwa Sosialisasi ini dirasakan cukup penting khususnya bagi para stakeholder di Tangsel agar mengetahui regulasi maupun tahapan-tahapan yang akan dijalani menjelang Pemilu 2019.

“Untuk saat ini KPU Tangsel menjalankan tahapan penerimaan berkas verifikasi Parpol. Partai Perindo Kota Tangsel menjadi Partai Pertama yang menyerahkan dan Partai yang kedua adalah PDIP Tangsel,” terang Subhan.

20171012_095620

Dalam Sosialisasi ini, KPU Kota Tangsel mengundang dua pembicara, yaitu Komisioner KPU RI tahun 2012 – 2017 Ferry Kurnia Rizkiyansyah dan Ketua KPU Banten Agus Supriyatna.

Dalam paparannya Ferry Kurnia Rizkiyansyah mengungkapkan bahwa sejak Pemilu langsung diera reformasi ini seiring berjalannya waktu sudah semakin baik pelaksanannya.

“Dan yang perlu dicermati bahwa hasil Pemilu juga sulit untuk diprediksi siapa pemenangnya. Konflik yang terjadi dalam Pemilu maupun Pilkada diberbagai daerah secara umum juga masih dapat diatasi dengan baik,” kata Ferry.

Jelang Pemilu 2019 nanti, KPU RI juga sudah melakukan beberapa kali ujicoba diantaranya di Tangerang dan juga Sentul Bogor.

“Di TPS nanti ada lima kotak, proses penghitungannya juga memakan waktu yang cukup lama. Hal ini harus mendapat perhatian lebih dari para penyelenggara Pemilu,” ujarnya.

Menurut Ferry, KPU bersama Pemerintah juga sudah menargetkan Partisipasi Pemilih dalam Pemilu 2019 adalah sekitar 77 persen.

“Pencapaian target 77 persen perlu dukungan dari para stakeholder didaerah. Tidak hanya Pemerintah Daerah saja yang diajak mensosialisasikan tetapi juga pihak swasta disertakan ikut mensosialisasikan Pemilu,” tambah Ferry.

Sementara itu Ketua KPU Banten Agus Supriyatna menjelaskan bahwa KPU RI telah menetapkan hari Pencoblosan Suara Pemilu 2019 adalah 17 April 2019.

“Di TPS nanti ada lima kotak suara, yaitu DPR RI, DPD RI, DPRD Provinsi, DPR Kab Kota dan Presiden. Dan Kotak suara nantinya bentuknya transparan, sehingga kotak suara yang lama tidak bisa digunakan kembali,” ungkap Agus.

Agus juga menuturkan bahwa Kampanye nanti akan berlangsung selama 6 bulan. Untuk itu perlu sinergitas antara penyelenggara Pemilu dengan Pemerintah daerah serta aparat keamanan dalam menyelenggarakan Kampanye Pemilu 2019.

“Selama ini pelaksanaan Pemilu dan Pilkada di Banten berlangsung secara umum berlangsung aman. Jika ada sengketa maka disalurkan melalui MK dan apapun hasilnya masyarakat menerima. Ini yang perlu diapresiasi kepada masyarakat Banten,” pungkasnya.

Hadir dalam Sosialisasi ini Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Tangsel Toto Sudarto, Kepala Kesbangpol Tangsel Azhar Syamun, Ketua Bawaslu Kota Tangsel Aas Satibi serta para Kapolsek dan Danramil se-Tangsel. (Nto)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *