banner
act

Lawan Corona, UIN Syarif Hidayatullah & ACT Tangerang Raya Gelar Talkshow Online

Serpongupdate.com -  Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Syahid Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta dan Aksi Cepat Tanggap (ACT) Tangerang Raya menyelenggarakan Talkshow Online via Whatssapp (WA) dengan tema “Akankah Ramadhan Kali ini Berbeda” yang merupakan edukasi mengenai antisipas Virus Corona atau Covid 19 untuk mahasiswa/i dari berbagai wilayah di Indonesia.

Kampanye #BersamaLawanCorona menjadi motivasi menghadapi maraknya penyebaran Virus Corona di Indonesia. Sebanyak 503 orang peserta tergabung kedalam dua grup WA Talkshow Online terkait. Narasumber utama dari event online tersebut adalah dr. Nisrina Fariha yang merupakan Tim Medis ACT.

Pembahasan dalam talkshow online ini membahas mengenai sejarah kemunculan Covid 19 dan karakteristiknya. Data statistik penyebaran Covid 19 di dunia dan Indonesia, proses berkembangnya virus, gejala dan dampak virus hingga tips untuk menghindari Virus Corona juga dipaparkan secara detail oleh pemateri.  Etika bersin dan batuk, bedah fakta dan fungsi alat pelindung virus dan tanaman herbal serta pola hidup sehat juga memperkaya pemaparan dr. Nisrina Fariha.

Pertanyaan dari peserta yang berasal dari dalam dan luar pulau Jawapun banyak berdatangan terkait dengan Virus Corona.

Terkait dengan tema talkshow online, tidak ada yang bisa mempresiksi sampai kapan wabah Covid 19 ini akan menetap. Bahkan warga di kota Wuhan, Republik Rakyat Cina pun sampai sekarang berjaga-jaga walaupun dikatakan sudah tidak ada peningkatan kasus. Dikarenakan masih banyak pengidap Covid 19 yang kondisinya belum pulih sempurna dan masih memiliki peluang untuk menularkan ke yang lainnya.

“Kalau memang di bulan Ramadhan masih terjadi wabah ini, ya kita sebagai Umat Islam yang baik tetap menjalankan ibadah Ramadhan semaksimal mungkin, yang perlu kita persipkan adalah menguatkan iman, beribadah dengan baik, melakukan pencegahan-pencegahan, serta berupaya meningkatkan daya tahan tubuh, dengan makan yang bergizi dan berolahraga secara teratur. Selanjutnya yang bisa kita lakukan adalah beriktiar, berdoa agar selalu dalam lindungan Allah SWT,” ujar dr. Nisrina Ferihana, 25 Maret 2020.

Talkshow online “Akankah Ramadhan Kali ini Berbeda” adalah aksi edukasi masyarakat mengenai antisipasi Corona atau campaign #BersamaLawanCorona kedua yang diselenggarakan oleh LDK Syahid dengan ACT Tangerang Raya. Sebelumnya, pada 8 Maret 2020 juga diadakan “Humanity Talkshow : Penanggulangan Virus Corona” yang mengundang dr. Riedha B. MedSc, MSc sebagai pemateri dan diselenggarakan di Teater lantai 6 Fakultas Sains dan Teknologi UIN Syarif Hidayatullah.

“Setiap tahun, bulan, bahkan setiap minggunya LDK Syahid rutin mengadakan agenda-agenda yang bertujuan untuk menebar kebermanfaatan seluas-luasnya, dan salah satunya yaitu Talkshow Online pada malam hari ini,” ucap Alwi, Ketua LDK Syahid UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. (rls)

 

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *