banner
lambang-gerakan-pramuka

Lomba Pramuka Penggalang Berlangsung di Perkemahan Kitri Bakti Curug

Lomba Tingkat Regu Pramuka Penggalang Tiga (LT-III) Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaugten Tangerang siap dilaksanakan. Panitia telah melaksanakan rapat teknis persiapan akhir yang dilaksanakan pada tanggal 30 Oktober 2016, bertempat di Sekretariat Kwarcab gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang, Kitri Bakti Curug.

Lomba ini akan berlangsung selama tiga hari,  dari tanggal 3 – 6 Nopember 2016, bertempat di Bumi Perkemahan Kitri Bakti Curug Kabupaten Tangerang.

“Diharapkan kegiatan Lomba Tingkat III bertujuan untuk dapat meningkatkan prestasi, mempererat persaudaraan, persatuan dan kesatuan, peduli terhadap diri sendiri, lingkungan dan alam sekitarnya, menumbuhkan jiwa kemandirian dan kewirausahaan serta menjadi pribadi yang berkarakter,” papar Dian Yoga.

Dalam kegiatan kali ini akan dipertandingan beberapa lomba, antara lain :

1. Lomba sikap, mental, spiritual dan patriolisme yaitu Kaligrafi, MTQ, Pidato Bahasa Indonesia,  Pidato Bahasa Inggris, Mars Tangerang dan lagu khas pramuka.

2. Lomba ketrampilan kepramukaan yaitu Peta pita, Sketsa panorama, semaphore, morse, ketapel, KIM, tanda jejak, P3K, menaksir, halang rintang, PBB dan kolone tongkat, pionering (Tiang bendera gantung PI, Jembatan darurat PA), pendirian dan pembongkaran tenda.

3. Lomba manajerial yaitu administrasi regu dan teknik pengepakan.

4. Lomba tentang kreativitas, budaya dan survival yaitu daur ulang sampah, masak rimba, membuat poster dan karnaval.

“Untuk  lomba  Tari Cukin dan Rampak Beduk tidak jadi dilombakan,“ ujar Yoga.

Abdul Munir, SP, M.Si selaku Ketua Bidang Hubungan Masyarakat Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang mengungkapkan  penilaian akan mengacu pada kriteria atau indikator yang telah ditetapkan dengan tujuan menetapkan regu penggalang yang berperstasi.

Untuk tim penilaain/tim juri berasal dari unsur  andalan, Pusdiklatcab dan instansi yang ditugaskan oleh Kwartir/panitia. Juri akan akan menialai setiap materi sesuai bidang lombanya.

Dari hasil penilaian LT-III, maka tercipta Regu Prestasi yang terdiri dari regu, yaitu pertama regu pramuka penggalang berperstasi tinggi untuk putra dan putrid tingkat SMP dan SD, kedua regu pramuka penggalang berprestasi baik untuk putra dan putri tingkat SMP dan SD, ketiga Regu pramuka penggalang berprestasi cukup untuk putra dan putri tingkat SMP dan SD.

Untuk LT-III ini penggalang tingkat cabang yang berprestasi akan diberikan penghargaan dan dikirim sebagai kontingen LT-IV mewakili Kwartir Cabang Kabupaten Tangerang.

Sebagaimana diketahui, LT III Adalah Lomba Tingkat yang diselenggarakan di tingkat Kwartir Cabang (kabupaten / kota) dengan peserta dari perwakilan masing-masing Kwartir Ranting yang ada di Kwartir Cabang tersebut. Tujuan kegiatan LT III Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Tangerang Tahun 2016 adalah mengembangkan sumber daya yang dimiliki Pramuka Penggalang sebagai kader Bangsa agar menjadi pribadi yang handal.

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *