banner
sgu

Mengetahui Dampak Penyebaran dan Peluang Bisnis dari Covid-19 Bagi Sektor Industri di Indonesia

Serpongupdate.com – Kasus Covid-19 yang terjadi pada awal tahun 2020 tak dipungkiri telah memberikan dampak besar di kehidupan masyarakat. Terlebih dengan perkembangan ekonomi yang terjadi di Indonesia. Para pemain di berbagai sektor industri harus melakukan tindakan antisipasi dan adaptasi dengan cepat.

Dr. Ir, Heru Purnomo Ipung M.Eng selaku dosen yang mengajar di program Pascasarjana Swiss German University di fakultas Master of Information Terchnology, telah menganalisa dampak dari Covid-19 untuk perekonomian bangsa khususnya pada industri secara global.

Telekomunikasi dan Teknologi

Kebijakan pemerintah untuk membatasi aktivitas masyarakat dalam berkomunikasi dan berinteraksi menjadi solusi utama untuk mencegah penularan virus. Dampaknya, hampir semua perusahaan ataupun organisasi harus membatalkan berbagai proses penting dalam pengembangannya.

Namun hal ini juga berdampak positif dimana 5G menjadi solusi yang dapat memenuhi kebutuhan dan mempercepat kebutuhan komunikasi via teknologi.

Media Digital

Penyebaran Covid-19virus cenderung meningkatkan konsumsi media digital karena orang-orang menghabiskan lebih banyak waktu di rumah dan berkomunikasi secara pribadi lebih sedikit. Pembatalan acara-acara yang terkena dampak virus Covid-19 akan memacu pemasar untuk mencari alternatif digital dan lebih banyak lagi promosi konten.

Proses Transaksi

Penerapan dan penggunaan pembayaran tanpa uang tunai bisa terus meningkat di seluruh dunia. E-commerce kemungkinan akan tumbuh karena konsumen menghindari toko fisik dan tempat berkumpul yang ramai. Lalu apa kabar dengan layanan pengiriman yang harus berinteraksi langsung? Kini pemain industri di layanan pengiriman harus mencari alternatif lain sebagai solusi.

Financial Technology

Total pemasukan dana di Fintech akan menurun khususnya pada Q1 di 2020, dan ini kemungkinan akan terus merusut jika pandemik Covid-19 tak kunjung usai. Ketika pasar saham terus berfluktuasi, konsumen akan berhati-hati dalam berinvestasi dan berduyun-duyun ke opsi tabungan.

Perbankan

Turunnya suku bunga bank sentral kemungkinan akan menurunkan suku bunga rekening tabungan yang diandalkan oleh beberapa bank untuk memperoleh pelanggan dan mendorong simpanan. Namun konsumen yang tidak dapat bekerja dapat mendorong kegiatan pinjaman dan kredit jangka pendek, dan tentunya itu menjadi peluang besar untuk mendapatkan lonjatan pendapatan bagi para pemain perbankan.

Perawatan Kesehatan

Perusahaan kesehatan digital memiliki kesempatan untuk mengisi kesenjangan dalam perawatan dan membantu layanan kesehatan untuk mempersiapkan, menampung dan mendiagnosis virus Covid-19 yang dapat menyebabkan peningkatan bahkan setelah wabah Covid-19 usai. Banyak juga dari para pengembang sistem penyimpanan virtual yang memiliki kesempatan untuk menarik para penetili dalam membuat suatu inovasi seperti mengembangkan vaksin virus Covid-19.

Pada dasarnya dampak dari penyebaran virus Covid-19 dalam aspek industri secara global memberikan perubahan besar kepada perilaku pelanggan. Mereka harus putar otak untuk tetap terhubung dengan pelanggan. Namun krisis ini tetap menunjukkan kepada kita tentang cara “hidup online”. Yang dimana kehidupan bermasyarakat dipaksa untuk bertransformasi digital dengan cepat. Untuk itu kita patut melihat analisis tantangan dalam hal ini terlebih untuk pemain bisnis:

Proses

Ada kebutuhan untuk menilai kemungkinan menempatkan proses bisnis online, jika tidak memungkinkan maka kita perlu mempertimbangkan kendala, seperti tidak lebih dari 10 orang, menghindari pertemuan besar, dan jarak sosial.

Masyarakat

Tidak semua orang siap untuk perubahan ini, oleh karena itu identifikasi, pelatihan dan pembinaan diperlukan untuk setiap orang yang terlibat.

Informasi

Lebih banyak informasi aset fisik perlu didigitalkan untuk memfasilitasi pembelajaran dan kolaborasi kerja online.

Karakteristik dari setiap krisis memiliki dua dimensi: fase dan ketidakpastian.  Untuk menanggulangi hal tersebut diperlukan strategi yang baik, termasuk Pekerja Digital dan Tempat Kerja Digital, dan pelanggan yang siap menghadapi Transformasi Digital yang cepat.

Empat fase gangguan dalam transformasi digital, diantaranya:

Menunggu Dampak Utama

Karena banyak dari ekonomi cepat menutup untuk mencegah penyebaran infeksi, efek dari langkah-langkah ini tajam dan parah. Untuk pemain bisnis dan sektor rumah tangga, mereka akan mengatur ulang keuangan untuk bertahan dalam jangka pendek.

Menahan Dampak Awal

Ketika penyakit meningkat dengan cepat, pemain bisnis memiliki potensi untuk kehabisan uang, masyarakat kesulitan untuk beroperasi karena sakit, sektor rumah tangga akan memutar otak untuk memenuhi kebutuhan pokok.

Keadaan Normal

Ketika penyebaran virus meredup baik melalui kemajuan medis dan banyak penduduk berinisiatif untuk mencegah, kegiatan ekonomi mulai berlanjut karena kepercayaan yang tumbuh dan kebutuhan yang harus dipenuhi.

Menyortir Dinamika Industri Baru

Karena perilaku B2C dan B2B melihat perubahan yang berlangsung lama, sifat persaingan bagi banyak perusahaan bergeser selama bertahun-tahun bahkan untuk waktu yang akan datang.

Matriks ketidakpastian:

Dikenal Dikenal – Ini adalah prinsip yang diyakini secara luas tentang bisnis Anda yang harus diuji. Pertanyaan kunci: Apakah produk dan layanan saat ini dapat bertahan?

Diketahui Tidak Dikenal – Di masa krisis, orang-orang di garis depan mungkin tahu lebih banyak tentang fakta di lapangan daripada penghuni suite eksekutif. Temukan cara untuk membagikan informasi itu. Pertanyaan kunci: Apa yang sudah diketahui orang pada garis depan yang mungkin merupakan informasi penting?

Diketahui Tidak Dikenal – Cari tahu masalah bisnis utama dan risiko yang Anda hadapi, dan kemudian lakukan riset pasar yang cepat dan cepat tentang dampak Covid-19 pada bisnis untuk memahami bagaimana industri ini berubah. Pertanyaan kunci: Apakahs asumsi utama saat ini masih valid? Bagaimana cara menguji asumsi ini?

Tidak Dikenal Tidak Dikenal – Pertanyaan kunci: Apa yang akan menjadi skenario normal baru?

Dalam keadaan seperti ini memang sulit untuk diprediksi. Nah, di atas merupakan dampak negatif dan positif dari penyebaran virus Covid-19. Selain melihat dampak negatif, kita juga harus pintar dalam mencari peluang sebagai solusi alternatif. Baik untuk pemain industri maupun masyarakat yang menjadi pelanggan. (Rls)

Tags Related
You may also like
Comments

Your email address will not be published. Required fields are marked *