28.2 C
Tangerang Selatan
Sabtu, 13 Juli 2024
Serpong Update
RELEASE

Menteri Basuki: Pembangunan IKN Untuk Generasi Muda

Serpongupdate.com – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri malam Apresiasi Nusantara yang diselenggarakan di City Hall IKN (Kawasan Titik Nol Nusantara), Jumat (22/09/2023). Turut hadir juga Menteri Kabinet Indonesia Maju yang lain seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, serta sejumlah publik figur lainnya.

Kegiatan Apresiasi Nusantara diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia sebagai salah satu upaya memperkenalkan IKN Nusantara dan progresnya kepada masyarakat, khususnya sekitar IKN Nusantara. Apresiasi Nusantara juga dimeriahkan oleh sejumlah bintang tamu seperti Gigi dan Wika Salim.

Presiden Jokowi berterimakasih kepada seluruh masyarakat Indonesia, terutama yang berada di sekitar IKN Nusantara, dan telah memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan pembangunan demi terwujudnya IKN Nusantara.

“Terima kasih juga sebesar-besarnya pada seluruh pekerja konstruksi yang hadir pada malam ini, yang telah bekerja siang dan malam untuk segera menyelesaikan pembangunan IKN yang sangat besar. Dan kita harapkan tahun depan kita sudah bisa upacara 17 Agustus di IKN Nusantara,” kata Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengatakan bahwa telah dilakukan groundbreaking pembangunan hotel, rumah sakit dan training center Timnas Indonesia yang berada di IKN Nusantara.

“Atas doa restu Bapak Ibu seluruh masyarakat dan seluruh pekerja di IKN Nusantara, sekali lagi Pemerintah Indonesia mengucapkan terima kasih. Dan   untuk menyambut Indonesia Emas 2045, kita semua membangun IKN untuk yang muda-muda disini,” tambah Presiden Jokowi.

Senada dengan Presiden Jokowi, Menteri Basuki juga mengatakan bahwa pembangunan IKN Nusantara yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR ini ditujukan untuk para generasi muda dan kemajuan Indonesia di masa yang akan datang.

“Tugas Kementerian PUPR yang diberikan oleh Bapak Presiden Jokowi adalah membangun infrastruktur dasar IKN, seperti jalan, air minum, sanitasi, dan sampah. Kemudian juga kantor pemerintah, tempat peribadatan, kantor presiden, istana dan lain-lain. Dan ini kawasan masa depan, future smart forest city yang dibangun untuk anak-anak muda Indonesia,” jelas Menteri Basuki.

Saat ini, Kementerian PUPR tengah memprioritaskan pembangunan jalan tol dari Balikpapan ke kawasan IKN Nusantara, dalam rangka mempersingkat waktu tempuh dari Balikpapan ke IKN Nusantara yang saat ini sekitar 2  jam. Dan setelah nanti jalan tol tersambung, diperkirakan waktu tempuh hanya sekitar 30-45 menit.

“Progress pembangunan IKN Nusantara sekitar 40%. Dan pada tahun 2024 nanti saya akan jadi salah satu yang pertama kali datang dan tinggal disini. Kita harus semangat karena bukan hanya pembangunan fisik saja yang kita kejar,  tetapi juga kualitas. Kami akan memastikan infrastrukturnya layak huni,” tambah Menteri Basuki.

Turut hadir mendampingi Menteri Basuki, Direktur Jenderal Bina Marga Hedy Rahadian, Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti, Direktur Jenderal Perumahan Iwan Suprijanto, Direktur Jenderal Bina Konstruksi Rachman Arief Dienaputra, Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja dan Kepala Satgas Pembangunan Infrastruktur IKN Danis Sumadilaga. (Rls)

Berita Terkait

Leave a Comment